Peserta UTBK di Undip Capai 39.603 Orang

Wakil Rektor I Undip, Prof. M. Zaenuri (kiri), menggelar jumpa pers terkait persiapan UTBK di Kampus Undip, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (11/4 - 2019). (Semarangpos.com/Humas Undip)
12 April 2019 06:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Sebanyak 39.603 orang akan menjalani ujian tulis berbasis komputer (UTBK) di Kampus Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Mereka akan menjalani UTBK sebelum mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

UTBK di Undip akan dilakukan setiap hari Sabtu dan Minggu, mulai 13 April-26 Mei 2019. Ada dua lokasi yang disiapkan Undip untuk menggelar UTBK, yakni Kampus Undip Tembalang dan Kampus Undip Pleburan.

Ketua Panitia UTBK Undip, Prof. Ir. Muhamad Zaenuri, mengatakan UTBK digelar di beberapa fakultas di kampus Tembalang dan kampus Pleburan. Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan itu juga meminta peserta memperhatikan betul letak lokasi tes dan melakukan pengecekan sehari sebelumnya.

"Peserta harus datang 30 menit sebelum tes serta mengetahui ruang dan lokasi tes sesuai kartu tanda peserta sehari sebelumnya,” kata Zaenuri saat sesi jumpa pers di Kampus Undip, Tembalang, Semarang, Kamis (11/4/2019).

Wakil Ketua Panitia UTBK Undip, Prof. Ir. Eddy Riyanto, menambahkan bagi peserta yang lokasi ujiannya di kampus Pleburan, harus memperhatikan situasi terutama saat pelaksanaan hari Minggu karena bertepatan dengan acara car free day (CFD).

"Yang di Undip Pleburan, yang patut dicermati pada hari Minggu ada CFC. Jadi, kami mohon datang lebih awal, cek lokasinya dulu, dan jangan lupa membawa dokumen yang diperlukan,” ujar Eddy.

Jumlah peserta UTBK di Undip tahun ini mencapai 39.603 siswa yang dibagi dalam dua kelompok, yakni Saintek dan Soshum. Peserta kelompok Soshum mencapai 17.864 orang, sedangkan Sainstek mencapai 21.739 siswa.

"Saat ini panitia telah menyiapkan 1.850 komputer untuk tiap sesinya yang tersedia di masing-masing ruang tes," jelas Zaenuri.

Untuk diketahui kuota penerimaan untuk UTBK SBMPTN di Undip tahun ini mencapai 4.500-5.000 orang. Saat ini, Undip sudah menerima sekitar 2.146 calon mahasiswa yang diterima dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) beberapa waktu lalu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya