Kenali Caleg Dapil Jateng VI, Ada Cucu Sarwo Edhie hingga Anak Amien Rais

Ilustrasi suara caleg dalam Pemilu 2014 di Dapil Jateng VI. (Bisnis)
12 April 2019 12:50 WIB Samdysara Saragih Semarang Share :

Semarangpos.com, JAKARTA — Tak sedikit anggota DPR yang berlatar belakang sebagai birokrat yang banting setir menjadi politikus seusai pensiun. Sebut saja anggota Komisi IV DPR Darori Wonodipuro yang selama puluhan tahun berkarier di Kementerian Kehutanan dengan jabatan puncak Direktur Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam.

Ada lagi mantan Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kardaya Warnika yang kini duduk di Komisi VII DPR. Kesuksesan itu hendak diikuti pula oleh mantan Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Panggah Susanto. Pensiun dari Kemenperin pada 2018, dia lantas bergabung ke Partai Golkar yang dipimpin oleh Menperin Airlangga Hartarto.

Golkar pun mendaftarkan Panggah sebagai calon anggota legislatif (caleg) di Daerah Pemilihan Jawa Tengah VI. Kebetulan dia lahir di Kabupaten Temanggung, salah satu wilayah cakupan Dapil Jateng VI selain Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Magelang, dan Kota Magelang. Panggah ditempat pada nomor urut 1, lebih tinggi dari caleg petahana Bambang Sutrisno yang dipasang pada nomor urut 5. Tak hanya dengan kolega separtainya itu, Panggah akan menghadapi para caleg petahana dari Dapil Jateng VI sebagai lawan berat.

Kecuali Tjatur Sapto Edy dari Partai Amanat Nasional (PAN), tujuh petahana masih ingin mempertahankan kursi. Pengganti Tjatur yang disiapkan PAN tidak kalah beken, yakni putra mantan Ketua MPR Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais. Pemain sinetron Nafa Indria Urbach pun turut mengincar kursi lewat Partai Nasdem. Dia diuntungkan dengan status artis kelahiran Magelang.

Para caleg petahana, termasuk politisi Partai Kebangkitan Bangsa Abdul Kadir Karding, tentu tidak tinggal diam. Mereka akan berupaya memikat 2,97 juta pemilih agar dapat kembali ke Senayan. Adapun Partai Demokrat mengusung salah satunya adalah Bramantyo Suwondo. Bramantyo adalah putra dari mantan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk. Gatot M. Suwondo yang juga cucu dari Sarwo Edhie Wibowo.

PETAHANA DAPIL JATENG VI 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Nusyirwan Soejono 

Sudjadi 

Partai Golkar 

Bambang Sutrisno 

Partai Gerindra 

Harry Poernomo 

Partai Kebangkitan Bangsa 

Abdul Kadir Karding 

Partai Amanat Nasional 

Tjatur Sapto Edy 

Partai Nasdem 

Choirul Muna 

Partai Persatuan Pembangunan 

Muslich Z.A. 

PEMILIH DAPIL JATENG VI 

Kabupaten/Kota 

DPT 

Magelang 

988.879 

Wonosobo 

679.098 

Purworejo 

614.611 

Temanggung 

602.309 

Kota Magelang 

91.331 

Total 

2.976.331 

 Sumber: KPU, DPR 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis