KPU Kudus Dorong Logistik Pemilu ke Kecamatan

Sejumlah pekerja menaikkan kotak suara berisi logistik Pemilu 2019 di gudang penyimpanan di Jalan Kudus-Jepara, Sabtu (13/4 - 2019). (Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)
14 April 2019 08:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, KUDUS — Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kudus mulai mendistribusikan kebutuhan logistik Pemilu 2019 ke sejumlah kecamatan sebelum didistribusikan ke masing-masing tempat pemungutan suara (TPS), Sabtu (13/4/2019). Sayangnya, ada beberapa TPS yang kebutuhan logistiknya belum terpenuhi.

Menurut anggota KPU Kudus Dhani Kurniawan pendistribusian kebutuhan logistik Pemilu 2019 ke tujuh kecamatan dari sembilan kecamatan yang ada di Kabupaten Kudus baru dimulai Sabtu. Ketujuh kecamatan tersebut adalah Kecamatan Dawe, Bae, Gebog, Kaliwungu, Jekulo, Mejobo, dan Undaan. Sedangkan, untuk Kecamatan Kota dan Jati, KPU masih menunggu pemenuhan kekurangan logistik pemilu.

Pendistribusian logistik Pemilu 2019 tersebut ditargetkan bisa tuntas dalam waktu dua hari karena melihat cuacanya yang masih sering turun hujan. Untuk distribusi awal, dikirimkan ke Kecamatan Dawe yang ketempatan 391 TPS dengan jumlah pemilihnya 80.344 orang. Selanjutnya, Kecamatan Bae yang ketempatan 260 TPS dengan jumlah pemilih 53.073 orang.

Terkait dengan daerah yang belum terdistribusikan kebutuhan logistik pemilunya karena masih menungg pemenuhan logistik, kata dia, direncanakan akan dikirimkan langsung ke masing-masing desa, sehingga saat pelaksanaan pemungutan suara bisa langsung didistribusikan ke TPS. KPU Kudus terpaksa mengambil sendiri kekurangan 30.638 surat suara Pemilu 2019 di percetakan di Jakarta dengan harapan pengemasan dan distribusinya ke masing-masing TPS bisa tepat waktu.

Alasan mengambil sendiri karena khawatir ketika harus menunggu pendistribusian menggunakan jasa pengiriman barang tidak bisa sampai ke KPU Kudus sesuai jadwal maksimal tanggal 15 April 2019. Surat suara Pemilu 2019 yang masih mengalami kekurangan, baik kurang saat pengiriman maupun akibat proses sortir meliputi surat suara presiden, DPD, DPR, DPRD Provinsi serta DPRD Kabupaten Kudus untuk daerah pemilihan 1-4.

Kekurangan surat suara terbanyak untuk DPR Dapil Jateng II sebanyak 7.012 surat suara, disusul surat suara DPD sebanyak 5.748 surat suara, serta surat suara lainnya antara 1.322 hingga 4.374 surat suara. Berdasarkan data website kpu.go.id untuk jumlah TPS di Kabupaten Kudus mencapai 3.049 TPS yang tersebar di sembilan kecamatan dengan jumlah pemilih sebanyak 630.618 pemilih.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara