Pemungutan Suara Pemilu 2019 Terancam Hujan

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang Iis Widya Harmoko. (Antara/Wisnu Adhi)
15 April 2019 18:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di Provinsi Jawa Tengah—khususnya kepada pemilih dan petugas penyelenggara pemilu—agar mewaspadai hujan saat hari pemungutan suara, Rabu (17/4/2019).

"Diperkirakan pada Rabu [17/4/2019] pagi terjadi hujan di sebagian wilayah Jawa Tengah," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang Iis Widya Harmoko di Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (15/4/2019).

Hal tersebut disampaikan Iis seusai mengikuti Rapat Koordinasi Kesiapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019 yang digelar KPU Provinsi Jateng bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan instansi terkait di Patra Hotel Semarang. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa saat ini sedang terjadi masa transisi dari musim penghujan ke musim kemarau, di mana ada beberapa daerah sudah memasuki kemarau, namun sebagian besar masih hujan.

Ia menyebutkan bisa terjadi cuaca ekstrem pada masa transisi atau pancaroba seperti saat ini, sedangkan pada hari pemungutan suara Pemilu 2019, berpotensi hujan ringan di wilayah selatan dan pantura Jateng. "Tanggal 17 April 2019 itu untuk pagi berawan sampai potensi hujan ringan di pesisir selatan dan pantura, meskipun bersifat hujan lokal," ujarnya.

Secara khusus ia meminta para penyelenggara pemilu agar mengantisipasi pengamanan surat suara dan logistik pemilu lainnya tetap karena pada Selasa (16/4/2019) diperkirakan berpotensi hujan ringan hingga deras sekitar siang hingga sore hari. Kondisi tersebut diperkirakan terjadi di eks-Keresidenan Surakarta, pantura barat, pantura tengah, pantura selatan dari siang sampai sore hari.

"Tanggal 16 April 2019 secara umum pagi berawan, siang hujan ringan juga potensi hujan deras, yang penting ada persiapan untuk surat suara dan sebagainya," tuturnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara