Bawaslu Desak KPU Segera Selesaikan Kekurangan Surat Suara di Jateng

Sejumlah pekerja menaikkan kotak suara berisi logistik Pemilu 2019 di gudang penyimpanan di Jalan Kudus-Jepara, Sabtu (13/4 - 2019). (Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)
16 April 2019 09:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Pengawas Pemilihan Umum Jawa Tengah mendesak jajaran komisi pemilihan umum provinsi setempat segera menyelesaikan permasalahan kekurangan surat suara pemilu yang terjadi di delapan daerah di Jateng.

"Hingga Minggu [14/4/2019] malam, masih ada kekurangan surat suara mencapai 405.000 di delapan daerah," ungkap Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jateng Anik Sholihatun di Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (15/4/2019).

Kedelapan daerah yang masih kekurangan surat suara Pemilu 2019 adalah Kota Tegal, Kabupaten Kendal, Jepara, Wonogiri, Temanggung, Brebes, dan Demak. Hal tersebut disampaikan Anik pada Rapat Koordinasi Kesiapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019 yang digelar KPU Jateng bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan instansi terkait di Patra Hotel Semarang.

Menurut dia, kekurangan surat suara saat ini sudah jauh berkurang dari sebelumnya per 30 Maret 2019 yang tercatat mencapai 3,5 juta surat suara. Kendati demikian, Bawaslu Jateng memandang permasalahan tersebut harus segera diselesaikan mengingat waktu pemungutan suara yang kurang dua hari lagi.

"Kami ingin ada pengawasan dan koordinasi terkait dengan distribusi surat suara dari KPU pusat, mengingat waktu yang semakin mepet, membutuhkan proses sortir lipat dan 'packing'," ujarnya.

Menjawab desakan tersebut, Ketua KPU Jawa Tengah Yulianto Sudrajat menyebutkan bahwa semua kekurangan surat suara di delapan daerah sudah terpenuhi pada hari ini. Adapun kekurangan surat suara yang ada memang sudah dapat diantisipasi atau biasanya terkait dengan surat suara cadangan.

"Sampai siang ini surat surat suara di delapan daerah sudah tercukupi dan tidak ada masalah. Koordinasi dengan KPU dan jajaran kepolisian terkait distribusi surat suara ke KPU daerah juga terus berlanjut," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara