42 Politeknik Negeri Tampung 16.666 Siswa dari Jalur PMDK-PN

Ilustrasi Politeknik Negeri Semarang. (kopapolines.com)
17 April 2019 17:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Sebanyak 16.666 peserta Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) dinyatakan diterima sebagai mahasiswa baru di 42 politeknik negeri yang ada di Indonesia. Mereka dinyatakan lolos setelah berhasil menyisihkan ratusan ribu peserta lainnya yang mendaftar dari jalur PMDK-PN.

Pengumuman hasil PMDK-PN ini diumumkan langsung Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, di Kampus Politeknik Negeri Semarang (Polines), Selasa (16/4/2019).

"Peserta yang dinyatakan lulus seleksi di 42 politeknik negeri tahun ini sebanyak 16.666 siswa. Sementara jumlah pendaftar tahun ini mencapai 206.852 siswa dari 8.421 sekolah,” ujar Nasir saat menggelar sesi jumpa pers, Selasa.

Nasir mengungkapkan, angka pendaftar PMDK-PN 2019 naik sebesar 13% dari tahun lalu, yakni dari 183.827 siswa menjadi 206.852 siswa.

Hal ini menunjukkan bahwa siswa yang berminat untuk studi Ianjut di politeknik naik secara signifikan. Bahkan di beberapa politeknik, ada kenaikan pendaftar mencapai hampir 30%.

"Masyarakat sudah mulai teredukasi dengan baik tentang politeknik. Politeknik bukan lagi pilihan kedua," terangnya.

Kemenristekdikti juga telah menyiapkan beasiswa bagi para calon mahasiswa politeknik negeri baik yang mendaftar melalui jalur PMDK-PN maupun Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN).

"Beasiswa Bidikmisi [biaya pendidikan mahasiswa miskin berprestasi] sudah disiapkan untuk 10.000 calon mahasiswa politeknik, baik yang lolos dari jalur PMDK-PN maupun UMPN,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri Indonesia (FDPNI), Rachmad Imbang Tritjahjono, mengatakan pengumuman hasl PMDK-PN 2019 bisa diakses secara online melalui laman http://pmdk.politeknik.or.id

"Peserta dapat melihat hasil pengumuman dengan cara memasukan nomor pendaftaran. Akan ada informasi bahwa yang bersangkutan diterima, menjadi cadangan, atau belum lolos," jelas lmbang.

Sementara bagi peserta yang dinyatakan tidak lolos PMDK-PN bisa mendaftar kembali melalui jalur UMPN yang dibuka secara serentak pada 20 Mei mendatang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya