Kampung Laut Cilacap Tergenang Air, Pemungutan Suara Tetap Berlangsung

Sejumlah warga antre menunggu panggilan untuk menggunakan hak pilih saat pemungutan suara Pemilu 2019 di TPS 01 Desa Ujung Gagak, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (17/4 - 2019). (Antara/PPK Kampung Laut)
18 April 2019 04:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, CILACAP — Pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019 di Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (17/4/2019), berjalan lancar meskipun lokasi itu sempat tergenangi air.

"Alhamdulillah tidak ada kendala meskipun semalam ada beberapa TPS yang sempat tergenang karena hujan, bukan rob. Namun pagi ini sudah surut sehingga bisa digunakan," kata Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kampung Laut Paryono saat dihubungi Kantor Berita Antara dari Purwokerto, Jateng, Rabu.

Kendati demikian, dia mengakui jika sempat terjadi kekurangan beberapa logistik Pemilu 2019 namun dapat segera tertangani. "Memang ada satu-dua logistik yang kurang, namun dapat kami tangani sehingga bisa terpenuhi," jelasnya.

Lebih lanjut, Paryono mengatakan warga yang bermukim di kawasan Segara Anakan itu terlihat antusias untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019. Menurut dia, warga terlihat mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) sejak Rabu pagi meskipun sebagian di antara mereka harus menggunakan perahu untuk menjangkau TPS.

Oleh karena itu, dia mengaku optimistis angka partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019 di Kecamatan Kampung Laut bisa lebih dari 70% atau meningkat daripada Pemilu 2014 yang hanya 60%. "Insya Allah angka partisipasi masyarakat bisa mencapai lebih dari 70%," tegasnya.

Pemungutan suara pemilu di Kecamatan Kampung Laut mendapat perhatian serius Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap karena wilayah tersebut berada di kawasan Segara Anakan. Kecamatan yang memiliki luas wilayah 150 ha, sekitar 60% merupakan perairan sehingga rawan terjadi banjir rob dan cuaca buruk.

Jumlah pemilih di Kecamatan Kampung Laut berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 sebanyak 11.531 orang yang tersebar di 49 TPS dari empat desa, yakni Klaces, Ujungalang, Ujung Gagak, dan Panikel.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara