TPS di Magelang Berinstalasi Seni Tradisi demi Rangsang Minat Warga

Pemilih dibantu petugas memasukkan surat suara Pemilu 2019 di TPS 15 kawasan Gunung Merapi dan Merbabu, Dusun Nglulang, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jateng, Rabu (17/4 - 2019). (Antara/Hari Atmoko)
18 April 2019 08:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, MUNGKID — Ada yang istimewa saat digelar pemungutan suara Pemilu 2019 di Dusun Keron dan Nglulang, Desa Krogowanan, Kabupaten Magelang, kawasan Gunung Merapi dan Merbabu, Jateng, Rabu (17/4/2019). Demi merangsang warga memanfaatkan hak pilih di tempat pemungutan suara (TPS) setempat, panitia memajang karya instalasi kesenian tradisional.

Warga pun antre secara tertib, mencoblos di TPS 13 Dusun Keron, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan itu. Maklum saja, TPS itu dihiasi berbagai wayang motif serangga karya seniman setempat yang juga ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara di TPS itu, Sujono.

Para seniman petani setempat yang tergabung dalam Sanggar Saujana Keron pimpinan Sujono salah satu basis kuat seniman petani Komunitas Lima Gunung Kabupaten Magelang (Merapi, Merbabu. Andong, Sumbing, dan Menoreh). Pintu masuk TPS dengan jumlah pemilih yang terdaftar 224 orang dari RT 001, 002, 003, dan 004, dihiasi dengan gapura dari anyaman belarak, sedangkan para petugas KPPS, yakni Sujono (ketua), dan Anton Prabowo, Gigih Sulistiyono, Afif, Umar Yulianto, Sunarti, Asri Asih (anggota) mengenakan pakaian adat Jawa, seperti surjan, belangkon, bebet, kebaya, dan sanggul.

Berbagai motif wayang serangga yang menjadi instalasi seni di TPS itu, antara lain belalang, kunang, yongket, wereng, rayap. "Dalam pemilihan ini, wayang serangga ini menjadi simbol atas keragaman dan perbedaan yang harus kita hormati antarwarga," kata Sujono yang juga salah satu pimpinan tinggi Komunitas Lima Gunung.

Ia menjelaskan tentang gagasan membuat TPS dengan instalasi seni berbahan alam yang sebagai daya pikat warga agar bergembira dan tetap menjunjung semangat kebersamaan sebagai warga desa dalam mengikuti pesta demokrasi tahun ini. "TPS dibikin nuansa indah ini, dengan wayang simbol kebersamaan, wayang yang aneka motif dan ragam," ucap dia.

Di TPS 15 Dusun Nglulang, Desa Krogowanan, berhimpitan dengan TPS 13 Keron, tempat itu bernuansa kuat instalasi seni berupa topeng-topeng kayu yang ditempelkan di berbagai tempat. Seorang anggota KPPS setempat yang juga anggota Sanggar Saujana Keron, Bambang, adalah seniman pembuat topeng kayu.

Berbagai karya topengnya digunakan untuk instalasi seni TPS dusunnya. Pemilih juga antusias dan antre secara tertib di TPS 15 Nglulang dengan ketua KPPS Kardanun dan total jumlah warga yang terdaftar sebagai pemilih 192 orang.

Para petugas KPPS setempat juga mengenakan pakaian adat Jawa tampak melayani dengan ramah dan santun kepada warga yang hendak mencoblos. Tidak jauh dari TPS 15, terdapat TPS 14 Nglulang dengan warga yang antusias mengikuti pemungutan suara.

Ketua KPPS 15 Dusun Nglulang Kardanun menjelaskan anggota dan warga setempat menyemarakkan pemilu dengan menghias TPS menggunakan karya seni berupa topeng kayu dan hiasan berbahan alam lainnya. "Menyemarakkan pemilihan pilpres, pileg ini, supaya masyarakat tidak jenuh," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara