Ganjar Pranowo Undur Batas Waktu Lomba Daur Ulang APK

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mencopoti spanduk alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019, Minggu (14/4 - 2019). (Antara/Humas Pemprov Jateng)
20 April 2019 08:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan batas waktu pengiriman karya pada lomba daur ulang alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019 yang diselenggarakannya diperpanjang hingga 29 April 2019.

"Batas waktu pengiriman karya lomba saya perpanjang dari semula 22 April menjadi 29 April 2019. Hingga saat ini telah ada sekitar 150-an karya yang masuk untuk mengikuti lomba daur ulang APK," kata Ganjar Pranowo di Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (19/4/2019).

Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan jenis karya yang dilombakan tersebut beragam dan unik, mulai dari dompet, baju, jas hujan, payung, anyaman, buket hingga hiasan dinding. Ganjar menjelaskan bahwa tujuan dirinya menggelar lomba daur ulang APK berhadiah total Rp20 juta untuk sepuluh orang pemenang itu untuk mengajak masyarakat kreatif memanfaatkan sampah APK menjadi berbagai produk kerajinan.

"Jangan dibuang sembarangan ya karena banyak material APK dari plastik. Itu akan menjadi sampah yang mencemari, maka saya ingin sampah APK ini didaur ulang menjadi banyak produk lainnya yang memiliki nilai ekonomi tinggi," ujarnya.

Menurut Ganjar, berbagai jenis APK terbuat dari bahan plastik yang dapat mencemari lingkungan sehingga dengan mendaur ulang dirinya berharap keterlibatan masyarakat dalam pengurangan sampah, terutama plastik yang semakin meningkat. "Ingat, plastik itu banyak mencemari. Jangan dibuang sembarangan dan ini bisa multifungsi," katanya.

Ada beberapa kriteria dan syarat yang mesti dilakukan untuk mengikuti lomba daur ulang APK itu terutama berdasarkan fungsi, kekuatan produk, dan reduplikasi. Di antaranya hasil karya harus difoto, lalu di-"upload" dengan menyebut akun Instagram @ganjar_pranowo dengan menyertakan hastag #GanjarDaurUlangAPK, kemudian karya dikirim ke Rumah Dinas Gubernur Jateng Jl. Gubernur Boediono No. 8, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang.

Bagi juara I Ganjar menyediakan hadiah uang tunai Rp7 juta, juara Ib Rp3,5 juta, juara Ic Rp2,5 juta, dan tujuh nominasi terbaik bakal menerima hadiah masing-masing Rp1 juta. "Nanti karya-karya menarik itu akan kita pamerkan seminggu setelah diumumkan pemenangnya," ujar Ganjar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara