Begini Ganjar Sikapi Klaim Prabowo Menang

Ganjar Pranowo dan keluarga seusai nyoblos. (Antara/Yudi Supriyanto)
21 April 2019 04:50 WIB Alif Nazzala Rizqi Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Klaim kemenangan yang dilakukan kubu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02 dalam Pilpres 2019 Prabowo Subianto dan Sandi  Uno ditanggapi tenang oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ganjar yang seorang politikus PDIP selama ini terang-terangan mendukung pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Menurut Ganjar, tidak ada satupun lembaga survei yang kredibel menyatakan pasangan Prabowo-Sandi memenangkan Pilpres 2019 versi hitung cepat (quick count). "Mugkin statement itu muncul karena semangat yang luar biasa. Mungkin juga statemen itu dikeluarkan untuk membuat pendukungnya ora gelo [tidak kecewa]. Yang penting semua tidak terpancing, melakukan tindakan anarkistis dan jangan terprovokasi," ujarnya, Kamis (18/4/2019).

"Ndak papa, dalam situasi psikologi seperti saat ini, ngeklaim kemenangan itu sesuatu yang biasa. Namun yang harus diingat, klaim itu ada rasionalitas dan scientific keilmuan yang bisa diuji," kata Ganjar.

Meski begitu, Ganjar Pranowo mengatakan hasil quick count Pilpres 2019 ini berbeda daripada tahun 2014 lalu. Kalau pada 2014 lalu ada poster yang menunjukkan dua kubu menang, saat ini tidak ada.

"Hari ini nyaris tidak ada satupun poster yang diumumkan ke publik yang memiliki lembaga resmi tentang kemenangan sekian. Yang ada, hampir semua menyatakan hasil sama. Belum ada hasul quick count yang hasilnya berbalik 180 derajat dari lembaga lainnya. Tidak ada sampai sekarang," tegasnya.

Sebelumnya, calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto mengumkan kemenanganya pada Pilpres 2019. Prabowo mengatakan unggul dari pasangan nomor urut 01 dan melakukan sujut syukur atas perolehan tersebut. Prabowo bahkan juga mengumumkan kemenangannya kepada publik melalui konferensi pers.

"Sampai hari ini quick count kami berada di angka 75 persen hingga 77 persen. Angka itu membuat semua terkejut, ya kerja kolektif dari kawan-kawan dari koalisi, sukarelawan, parpol dan timses bekerjanya luar biasa. Puas tidak puas kita harus terima hasil ini, ini membuktikan Jawa Tengah masih kandang banteng," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis