AP I Gelontorkan Pinjaman demi Kembangkan UKM

Kerajinan gitar menjadi salah satu UKM andalan Jateng. (Antara/Yulius Satria Wijaya)
25 April 2019 04:50 WIB Yudi Supriyanto Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — PT Angkasa Pura I (Persero) menggelontorkan dana pinjaman kemitraan guna mengembangkan usaha kecil, dan menengah dan usaha-usaha mandiri baru di Jawa Tengah.

Pts. General Manager Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Dedy Sri Cahyono, mengungkapkan pihaknya berharap pinjaman yang diberikan dapat membuat para pelaku UKM menjadi tangguh dan berdaya saing tinggi. "Dengan demikian dapat mendorong pengusaha kecil menjadi lebih bankable dan menyerap tenaga kerja di sekitarnya," kata Dedy dalam siaran pers Rabu (24/4/2019).

Total pinjaman kemitraan yang akan disalurkan AP I mencapai Rp 2,03 miliar sepanjang 2019 dengan tiga tahap penyaluran. Pada penyaluran tahap pertama, perusahaan menyalurkan pinjaman sebanyak Rp715 juta kepada 13 mitra binaan dengan 10 mitra di antaranya merupakan mitra baru dan 3 lainnya mitra binaan lanjutan.

Nilai pinjaman yang diterima oleh para mitra binaan berkisar antara Rp30 juta-Rp100 juta. Sebelum mendapatkan persetujuan penyaluran pinjaman, dia melanjutkan para mitra binaan terlebih dahulu disurvey dan dievaluasi oleh tim. Pinjaman yang diberikan kepada para mitra binaan itu memiliki bunga lunak 3% per tahun.

Selain dalam bentuk pendanaan, para mitra binaan juga mendapatkan pembinaan dalam bentuk pelatihan manajemen usaha, fasilitas promosi melalui pameran kepada mitra binaan terpilih, kesempatan magang ke mitra binaan unggulan bandara lain untuk bertukar ilmu, pengalaman, wawasasan dan display produk di ruang VIP Pemprov Jateng, serta kesempatan melakukan pameran di Galerry UKM Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis