XL Axiata Gerakkan Donor Kuota demi Sekolah di Jateng Berakses Internet Cepat

Group Head People Service XL Axiata M. Hira Kurnia (kiri) dan Head of Sales Semarang XL Axiata Heriantoni (kanan) berfoto bersama perwakilan SMA pada penyerahan bantuan Gerakan Donasi Kuota (GDK) yang dirangkaikan dengan Bersama Bangun Negeri Employee Volunteering Program di SMA Negeri 5 Semarang, Kamis (25/4 - 2019). (Bisnis/Herdiyan)
26 April 2019 02:50 WIB Herdiyan Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — XL Axiata menggerakkan donor kuota ahar lebih banyak sekolah di Jateng yang berakses Internet cepat. Sejauh ini, ada 220 sekolah yang mendapatkan fasilitas akses Internet cepat dari XL Axiata sebagai hasil dari gerakan tersebut.

Sejak awal 2019, hasil dari penghimpunan donor atau penyumbang kuota Internet itu telah disalurkan ke beberapa area di Jawa Tengah, seperti Kudus, Kendal, Pekalongan, Tegal, Kebumen, dan Semarang. Bertempat di SMA Negeri 5 Semarang, XL Axiata kembali menyalurkan bantuan melalui Gerakan Donasi Kuota (GDK) kepada sejumlah sekolah setingkat SMA dan SMK di Semarang, Kamis (25/4/2019).

Regional Group Head Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti, mengatakan layanan Internet cepat sangat dibutuhkan oleh sekolah-sekolah di semua tingkatan di seluruh Indonesia. Menurutnya, saat ini semakin banyak materi pelajaran dan metode pengajaran yang membutuhkan sarana Internet dan digital.

“Untuk itu, pada 2019 ini, secara bertahap kami bisa lebih banyak lagi menyalurkan program donasi akses ke internet cepat untuk sekolah-sekolah di Jawa Tengah,” ujarnya dalam keterangan pers, Kamis (25/4/2019).

Penyerahan donasi ini merupakan bagian dari rangkaian Bersama Bangun Negeri Employee Volunteering Program. Melalui acara itu, 40 karyawan XL Axiata, termasuk jajaran manajemen, melakukan touring mengendarai sepeda motor dari Jakarta, kemudian singgah di Cirebon, Semarang, Surabaya, dan berakhir di Madura.

Total ada 220 sekolah yang mendapatkan fasilitas akses internet cepat dari XL Axiata dalam rangkaian touring ini. Saat ini, di XL Axiata tersedia sekitar lebih dari 1.260 TB kuota yang siap disumbangkan. Kuota ini antara lain dialokasikan oleh XL Axiata berdasarkan pembelian kuota Xtra Combo oleh pelanggan. 

“Jadi, setiap transaksi pembelian kuota Xtra Combo oleh pelanggan, maka XL Axiata akan mengalokasikan kuota data sebesar 25 MB untuk program donasi kuota, termasuk dalam harga paket dan PPn.”

Kuota data yang sudah terkumpul sebanyak itu akan disumbangkan di sepanjang tahun 2019 ini. Selain itu, pelanggan juga bisa secara mandiri menyumbangkan kuota data miliknya melalui UMB *123*888#.

Gerakan Donasi Kuota memfasilitasi sebagian besar sekolah yang berada di dalam area jangkauan layanan data miliknya, baik 3G maupun 4G LTE. Mekanisme penyaluran kuota sumbangan akan dilakukan dengan menyertakan perangkat mobile broadband atau router XL Home sehingga bisa dibagikan secara simultan ke 32 perangkat smartphone atau laptop yang digunakan para siswa dan pengajar.

Untuk perangkat mobile broadband atau router XL Home juga sudah termasuk akses internet selama satu tahun sejak diberikan. Mekanisme ini sekaligus untuk memastikan donasi bisa dimanfaatkan secara efektif dan kolektif, selain juga penerapan sistem pengawasan yang tertuang dalam perjanjian antara XL Axiata dengan setiap sekolah penerima donasi.

Hingga saat ini, infrastruktur jaringan yang menopang seluruh area Jawa Tengah diperkuat dengan lebih dari 12.500 BTS termasuk lebih dari 3.000 BTS 4G dengan wilayah operasional yang tersebar di Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Magelang, Pati, Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Semarang, Sragen, Sukoharjo, Tegal, Temanggung, Wonogiri, dan Wonosobo. Selain itu, infrastruktur jaringan XL Axiata pun dapat ditemukan di Kota Magelang, Pekalongan, Salatiga, Semarang, Solo, dan Kota Tegal.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis