Pemprov Jateng Gelar Lagi Food Truck Festival, Kali Ini di Taman Pleret Semarang

Sebanyak 60 food truck ikut ambil bagian dalam Food Truck Festival 2019 Kuliner Pinggir Kali di Taman Pleret Banjir Kanal Barat, Semarang, 26/28 April 2019. (Bisnis/Yudi Supriyanto)
27 April 2019 12:50 WIB Yudi Supriyanto Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali mengadakan Food Truck Festival, agenda Jateng itu tak bergerak dari Kota Semarang. Food Truck Festival 2019 yang mengangkat tema Kuliner Pinggir Kali itu digelar di Taman Pleret, kawasan Sungai Banjir Kanal Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat-Minggu (26-28/4/2019).

Kepala Bidang Bina Usaha dan Pemasaran Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Jawa Tengah, Julie Emmylia,mengklaim agenda pemprov yang kembali digelar di ibu kota Jateng itu merupakan bagian dari upaya memajukan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dipaparkannya, 60 food truck ikut ambil bagian dalam acara ini atau mengalami peningkatan dibandingkan dengan acara serupa pada tahun lalu, yakni 50 food truck.

Food truck ini medianya. sementara yang menjual makanannya adalah para UMKM,” kata Julie kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (26/4/2019).

Dia berharap acara Food Truck Festival 2019 ini memberikan alternatif hiburan bagi masyarakat, menggerakkan bisnis, dan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi para pelaku usaha UMKM mengingat para pelaku usaha UMKM juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Panitia menargetkan 2.500 pengunjung dapat menghadiri acara ini dan nilai ekonomi yang bergerak pada ajang ini minimal mencapai Rp1 miliar. Pada tahun lalu, nilai ekonomi yang mampu dihasilkan pada ajang ini senilai Rp1 miliar.

Di ajang ini, lanjutnya, pada hari kedua juga akan dilaksanakan deklarasi pengangkatan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah sebagai pembina Komunitas Food Truck Indonesia. Kemudian, deklarasi pengadaan food truck sebanyak 100 unit pada tahun depan.

Bukan hanya itu, di acara ini juga akan ada demo memasak tahu gimbal sebanyak 500 porsi dari asosiasi chef bekerja sama dengan SMK Negeri 6 Semarang, SMK Mataram Semarang, juga ibu-ibu PKK.

Namun, lanjut dia, yang akan dicatat adalah sebanyak 472 porsi tahu gimbal sebagai bagian ikut merayakan hari jadi ke-472 Pemerintah Kota Semarang. Dalam ajang ini juga pihaknya bersama Komunitas Food Truck Indonesia berkomitmen menjaga lingkungan (go green) dengan seminimal mungkin menggunakan plastik.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis