Belajar Kota Pintar di Pekalongan, DPRD Temanggung Terpukau Penanganan Rob

Sejumlah anggota DPRD Kabupaten Temanggung belajar program Kota Pintar (Smart City) pada Pemerintah Kota Pekalongan, Jumat (26/04 - 2019). (Antara/Kutnadi)
29 April 2019 14:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, PEKALONGAN — DPRD Kabupaten Temanggung belajar Program Kota Pintar atau Smart City ke Pemerintah Kota Pekalongan. Kota Batik itu dinilai telah sukses memajukan pembangunan daerahnya melalui implementasi teknologi informasi.

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Temanggung Iman Bintara mengatakan bahwa Pemkot Pekalongan mempunyai program-program yang memang bagus untuk pembangunan dan terbukti berefek nyata terhadap perubahan, di antaranya program smart city. "Oleh karena, kami ingin belajar mengenai Smart City pada Pemkot Pekalongan. Kami belum melaksanakan program tersebut dan baru tahap perencanaan anggaran sehingga perlu melihat atau meniru Pemkot Pekalongan," katanya di Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat (26/4/2019).

Menurut dia, keberhasilan Program Smart City Kota Pekalongan dinilai sangat baik dalam rangka mendorong peningkatan ekonomi dan kreativitas masyarakat, serta dapat mengatasi masalah yang ada di daerah setempat. Keberhasilan Kota Pekalongan dalam Program Smart City, kata dia, dapat diterapkan bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Temanggung.

Kendati belajar soal smart city, legislator Temanggung malah terpukau dengan penanganan rob dan pencemaran lingkungan hidup. "Kami berharap kunjungan ini dapat mengambil sesuatu yang bisa diterapkan dan berguna bagi kemajuan Kabupaten Temanggung. Melihat permasalahan Kota Pekalongan seperti rob dan pencemaran yang dapat tertangani secara baik tentunya akan mendorong kami bisa meniru cara penanganannya," katanya sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Kota Pekalongan Tjuk Kushindarto mengatakan pemkotnya merasa senang dengan adanya kunjungan kerja DPRD Kabupaten Temanggung. Selain untuk menjalin silaturahmi, kata dia, kunjungan kerja DPRD Kabupaten Temanggung dapat menjadi media untuk bertukar ilmu antara Kota Pekalongan dengan daerah itu.

"Kami mengucapkan terima kasih dan sangat senang atas kunjungan Kabupaten Temanggung yang telah berkenan berkunjung ke Kota Pekalongan. Melalui kunjungan ini, semoga kami bisa saling belajar dan melengkapi untuk kemajuan pembangunan dua daerah," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara