Magelang Tambah Car-Free Day di GOR Samapta

Kawasan sekitar GOR Samapta, Jl. Genie Tentara Pelajar, Sanden, Kelurahan Kramat Selatan, Kota Magelang bakal menjadi lokasi car/free day (CFD) terbaru kota itu. (Antara/Heru Suyitno)
01 Mei 2019 10:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, MAGELANG — Pemerintah Kota Magelang bakal menambah lokasi car-free day (CFD) yang diselenggarakan setiap Minggu pagi.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Magelang Candra Wijatmika Adi di Kota Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/4/2019), mengatakan selama ini lokasi CFD hanya di seputaran Lapangan Rindam IV/Diponegoro. Selanjutnya, lokasi hari tanpa kendaraan bermotoir itu ditambah di sekitar GOR Samapta, Jl. Genie Tentara Pelajar, Sanden, Kelurahan Kramat Selatan.

Ia menuturkan semula CFD diselenggarakan di seputar Alun-Alun Kota Magelang, namun karena banyak tempat penting di kawasan tersebut, kemudian dipindah ke Rindam IV/Diponegoro. "Di sekitar alun-alun banyak tempat urgen, antara lain terdapat Masjid Agung, gereja, dan kelenteng," katanya.

Menurut dia pertumbuhan ekonomi CFD di Rindam IV/Diponegoro sudah bagus. Pedagang yang berjualan di tempat itu mencapai 200 orang. Dampak dari hal tersebut, katanya untuk olah raga sudah tidak leluasa karena jalan penuh pedagang, kecuali olah raga di dalam lapangan Rindam.

Ia mengatakan tujuan CFD untuk mengurangi polusi, ternyata di Kota Magelang bisa menumbuhkan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Karena di Rindam IV/Diponegoro sudah penuh pedagang, maka pemkot bakal menambah lokasi CFD di sekitar GOR Samapta Sanden.

Untuk lokasi olahraga di GOR Samapta, sedang tempat parkir kendaraan di Stadion Moch Subroto. Menurut dia untuk penyelenggaraan CFD di Rindam, Pemkot Magelang memfasilitas 15 kali dalam setahun dibiayai APBD.

Ia menuturkan untuk CFD di GOR Samapta yang juga dilaksanakan hari Minggu, Pemkot Magelang membiayai hanya lima kali. Jalan yang ditutup adalah Jl. Jeruk dan Jl. Genie Tentara Pelajar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara