Tiket.com Kembali Gelar Kudus Relay Marathon

Mantan pebulu tangkis nasional, Liliyana Natsir (kanan), saat sesi jumpa pers penyelenggaraan Tiket.com Kudus Relay Marathon (TKRM) 2019 di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta Pusat, Kamis (2/5 - 2019). (Semarangpos.com/Tiket.com)
04 Mei 2019 14:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, KUDUS – Perusahaan agen perjalanan daring, Tiket.com, akan kembali menggelar ajang Tiket.com Kudus Relay Marathon (TKRM) di Kudus, Jawa Tengah (Jateng), pada 25 Agustus 2019 mendatang.

Penyelenggaraan ini merupakan yang kedua kalinya setelah pada tahun lalu TKRM sukses menjadi lomba lari maraton sejauh 42,195 kilometer (km) yang mengadopsi lomba lari Ekiden di Jepang.

Penyelenggaraan TKRM memang terinspirasi lomba lari Ekiden di Jepang. Di Negeri Sakura, Ekiden yang merupakan lomba lari estafet beregu dengan empat peserta sangat populer dan diikuti oleh ribuan masyarakat setiap tahunnya.

Ekiden yang paling terkenal adalah Hakone Ekiden yang diselenggarakan sejak tahun 1920 dengan menempuh jarak 217,9 km selama dua hari. Ekiden menjadi olahraga yang mendunia dan sangat digemari karena mengandalkan kerja sama dan kekompakan tim untuk meraih gelar juara.

Co-Founder & Chief Marketing Officer Tiket.com, Gaery Undarsa, merasa optimistis TKRM kali ini akan mendapat sambutan positif dari masyarakat dan penggemar olahraga lari. Ia pun mencanangkan target peserta TKRM tahun ini mencapai 6.000 peserta atau meningkat sekitar 10% dibanding jumlah peserta tahun lalu yang mencapai 5.500 orang.

“Diselenggarakannya kembali TKRM tak terlepas dari animo masyarakat yang begitu besar di event perdana tahun lalu. Tidak hanya jumlah peserta yang melebih target, tapi juga sambutan hangat dari masyarakat Kudus. Maka dari itu TKRM tahun ini akan kembali mengajak masyarakat, khususnya penggemar lari untuk ikut memajukan sport tourism,” ujar Gaery dalam keterangan resmi yang diterima Semarangpos.com, Kamis (2/5/2019).

Menurut Gaery, penyelenggaraan lomba lari di Kudus tidak terlepas dari keunikan Kota Kretek yang punya kemajemukan budaya, religi, sejarah, hingga kuliner. Konsep sport tourism sangat tepat diimplementasikan di Kudus dengan berbagai keunikannya tersebut. Gaery menambahkan, pada TKRM perdana tahun lalu, terdapat lebih dari 20 UMKM lokal Kudus yang ikut memeriahkan acara. Tahun ini jumlahnya dipastikan meningkat menjadi 40 UMKM lokal Kudus.

Semakin menarik, TKRM juga akan diikuti oleh mantan atlet nasional Indonesia, seperti peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, Liliyana Natsir. Selain Liliyana, sejumlah legenda bulu tangkis Indonesia juga bakal meramaikan TKRM seperti Liem Swie King, Hariyanto Arbi, Hastomo Arbi, Eddy Hartono, Christian Hadinata, dan Debby Susanto.

“Saya antusias sekali untuk memeriahkan Tiket.com Kudus Relay Marathon. Saya merasa Kudus juga merupakan bagian kota saya, karena PB Djarum tempat saya berlatih, berasal dari sana,” terang Liliyana Natsir

Seperti halnya penyelenggaraan tahun lalu, TKRM kali ini juga akan dibagi dalam lima kategori, yakni Relay Marathon (Ekiden) dengan jarak 42,195 km untuk satu grup dengan empat peserta, Half Marathon (jarak 21,1 km), 10K, 5K, serta Kids Fun Run.

Rute lomba akan menyusuri jalan-jalan utama di Kota Kudus dengan melewati beberapa land mark, seperti Scuplture Super Smash, Monumen Kretek Indonesia, dan Gerbang Kudus Kota Kretek. Sementara total hadiah untuk para pemenang di semua kategori mencapai lebih dari Rp189 juta.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya