Polisi Kudus Ancam Tindak Tegas Pembalap Liar

Dua aparat Polres Kudus, Jawa Tengah memberikan pembinaan terhadap warga agar tidak melakukan balap liar. (Antara/Istimewa)
10 Mei 2019 11:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, KUDUS — Aparat Polres Kudus membentuk Tim Anti-Balap Liar untuk mencegah terjadinya aksi balapan liar yang membahayakan keselamatan jiwa yang biasanya mulai marak menjelang buka puasa di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

"Tim [anti] balap liar yang kami siapkan akan bertugas memantau daerah yang berpotensi terjadi balapan liar," kata Kapolres Kudus AKBP Saptono melalui Kasat Sabhara AKP Sutopo di Kudus, Jateng, Kamis (9/5/2019). Selain itu, kata dia, beberapa personel juga akan ditempatkan di lokasi yang sering digunakan balapan liar.

Ia mengatakan tim Sabhara yang disiapkan ada 10 personel ditambah personel dari masing-masing polsek. Personel dari masing-masing Polsek, katanya, juga dilibatkan untuk mengawasi kemungkinan adanya balapan liar di wilayahnya.

Menurut dia balapan liar tidak hanya membahayakan diri sendiri, melainkan juga mengganggu pengguna jalan. "Mereka melakukan tindakan membahayakan keselamatan karena alasan untuk menunggu waktu buka puasa," ujarnya.

Sejauh ini, lanjut dia, belum ditemukan adanya aksi balap liar karena sebelum memasuki bulan Ramadan jajaran Polres sudah melakukan pemantauan di sejumlah lokasi. Di antaranya, di wilayah Jalan Lingkar Mijen Kaliwungu dan jalur tengah Gondang Manis dengan dibantu Polsek Bae.

Daerah yang diwaspadai sebagai tempat balapan liar, yakni di Krawang-Tanjungrejo, jalur jalan UMK-Cendono, jalan lingkar Mijen-Klumpit, dan jalan baru Kencing.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara