Hasil Hitung KPU Jateng, Jokowi-Amin Raup 16 Juta Suara & Sapu Bersih Kemenangan

Capres Nomer urut 01, Joko Widodo. (Antara)
11 Mei 2019 16:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng) telah menyelesaikan rekapitulasi suara Pemilu 2019 di 35 kabupaten/kota, Sabtu (11/5/2019). Dari hasil perhitungan itu, pasangan calon (paslon) nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, menyapu bersih kemenangan di seluruh wilayah Jateng.

Hasil perhitungan manual yang diperoleh Semarangpos.com, Jokowi-Ma’ruf Amin meraih sekitar 16.825.481 suara dari 35 kabupaten/kota di Jateng. Jumlah itu unggul telak atas rivalnya, paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, yang hanya meraih 4.991.447 suara atau terpaut 11 juta suara lebih.

Sumbangan suara terbesar Jokowi-Ma’ruf Amin berasal dari beberapa daerah seperti Kota Semarang, Cilacap, Banyumas, dan Brebes. Di wilayah tersebut, Jokowi-Ma’ruf Amin bahkan mampu meraup dukungan lebih dari 700.000 suara.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jateng, Bambang Kusriyanto, yang dijumpai di sela rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pemilu 2019 di KPU Jateng, mengaku senang dengan raihan yang diperoleh paslon nomor urut 01 pada Pilpres 2019 itu.

“Ya itu membuktikan kalau Jateng ‘kandang banteng’. Adanya posko 02 [Prabowo-Sandi] di Jateng membuat kita, para kader jadi lebih termotivasi untuk memenangkan Jokowi,” ujar Bambang.

Sementara itu, Anggota Divisi Data dan Informasi KPU Jateng, Paulus Widiantoro, mengatakan proses rekapitulasi suara Pemilu 2019 di tingkat Jateng memang sudah selesai dilakukan. Kendati demikian, hasil rekapitulasi itu akan resmi disahkan setelah dibacakan pada Sabtu malam.

“Nanti kita akan bacakan seluruhnya ada 10 dapil DPR pusat, 13 dapil DPRD Jateng, 1 dapil PPWP [pemilihan presiden dan wakil presiden], serta 1 dapil DPD,” ujar Paulus.

Paulus menyebutkan meski telah menyelesaikan proses rekapitulasi tapi tak dipungkiri banyak koreksi yang didapat KPU Jateng. Koreksi itu terkait banyaknya kendala administrasi yang terjadi baik di tingkat KPU kabupaten/kota hingga TPS.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya