Raih 2 Juta Lebih Suara, Kandidat DPD asal Jateng Ini Beberkan Rahasia

Casytha A. Kathmandu. (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)
13 Mei 2019 12:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Casytha A. Kathmandu, 32, memberikan kejutan besar pada Pemilihan Anggota DPD RI Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah (Jateng). Putri Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Bambang Wuryantoro, itu bahkan mampu mengungguli para petahana.

Hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (11/5/2019), menempatkan Casytha diurutan kedua dalam pengumpul suara terbanyak dengan raihan 2.080.525 suara.

Ia hanya kalah dari calon petahana, Detty Eka Widi Pratiwi, yang mengumpulkan 2.347.604 suara. Sebagai pendatang baru, Casytha mampu mengungguli tiga petahana lain, seperti Achmad Muqowam, Sulistyo, dan Bambang Sadono.

Dengan hanya empat kursi yang diperebutkan oleh 20 calon anggota DPD pada Pemilu 2019 ini, praktis Casytha pun berpeluang besar lolos ke Senayan.

“Sebagai pendatang baru saya juga enggak menyangka bisa dapat suara sebanyak itu. Terima kasih pada semua yang telah mempercayakan suaranya ke saya. Saya akan menjalankan kepercayaan itu dengan penuh amanah,” ujar Casytha saat berbincang dengan Semarangpos.com di Kantor KPU Jateng, Sabtu (11/5/2019).

Perempuan kelahiran Solo. 28 Desember 1987 itu pun mengaku dari perhitungan yang dilakukan secara internal, pemilih dari Kabupaten Boyolali menjadi penyumbang tertinggi torehan suaranya.

“Informasi yang saya terima, paling banyak sumbangan suara dari Boyolali. Sekitar 180.000 suara,” imbuhnya.

Casytha menambahkan kesuksesannya meraup banyak suara tak terlepas dari relasi yang dibuat. Sebagai putri Ketua DPD PDIP Jateng, Casytha memiliki banyak jaringan dan koneksi yang membuatnya mudah dikenal masyarakat.

“Pemilihan DPD itu kan beda sama parpol [partai politik]. Kalau DPD kan lebih banyak memanfaatkan jaringan. Kebetulan saya juga banyak dibantu jaringan dari PDIP. Selain itu, saya juga aktif berorganisasi,” ujar perempuan yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jateng itu.

Berpeluang besar duduk di kursi Senayan sebagai anggota DPD, Casytha mengaku sudah memiliki berbagai program. Salah satu program yang akan diwujudkan yakni menghidupkan kembali Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) yang pernah  menjadi haluan negara dalam penyelenggaraan negara.

“Dengan GBHN kita akan memiliki haluan dalam menetapkan kebijakan negara. Saat ini tanpa adanya GBHN, haluan atau tujuan negara selalu berubah setiap kali terjadi pergantian presiden,” jelasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya