Bawaslu Jateng Beri Rapor Merah KPU Kabupaten/Kota, Mana Saja?

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jateng Anik Sholihatun. (Antara/Wisnu Adhi)
14 Mei 2019 10:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah (Jateng) memberikan rapor merah kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) di beberapa kabupaten/kota di Jateng atas kinerjanya selama melakukan rekapitulasi pemungutan suara Pemilu 2019.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jateng, Anik Sholihatun, mengatakan catatan penilaian itu bahkan sudah diberikan kepada para komisioner KPU Jateng. Meski demikian, Anik enggak menyebut secara detail KPU kabupaten/kota yang mendapat penilaian buruk dari Bawaslu Jateng.

“Catatatnya sudah kita serahkan ke KPU Jateng, Sabtu [11/5/2019] kemarin. Jadi, silakan ditanyakan ke KPU Jateng soal kabupaten/kota mana saja yang masuk penilaian kami. Pastinya, kami sudah rekomendasikan agar itu diperbaiki,” ujar Anik saat dihubungi Semarangpos.com, Senin (13/5/2019).

Anik menambahkan selama masa rekapitulasi suara, baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi, ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan petugas KPU di daerah. Beberapa kesalahan itu seperti tidak cermat dalam mencatat hasil rekapitulasi, tidak menindaklanjuti saran petugas Bawaslu, tidak tertib administrasi, hingga tidak siap dalam membaca rekapitulasi maupun menjawab pertanyaan saksi partai politik.

“Kalau teman-teman memperhatikan saat rekapitulasi di KPU Jateng kemarin, ada beberapa kabupaten/kota yang perhitungannya tersendat paling lama. Itu ya masuk kategori [penilain buruk],” imbuh Anik.

Dalam rekapitulasi suara 35 kabupaten/kota di Jateng pada Pemilu 2019 yang digelar KPU Jateng, Senin-Minggu (6-11/5/2019), memang terdapat beberapa kabupaten/kota yang perhitungan suaranya bermasalah. Permasalahan itu tak lain karena adanya data yang tidak sesuai sehingga perlu diulang, seperti Brebes, Sukoharjo, Kota Semarang, dan Wonogiri.

Sementara itu, Anggota Divisi Hukum KPU Jateng, Muslim Aisah, enggan membeberkan daftar KPU kabupaten/kota yang mendapat rapor merah dari Bawaslu Jateng. Ia justru lebih tertarik menyampaikan adanya beberapa KPU kabupaten/kota yang mendapat apresiasi dari Bawaslu Jateng.

“Bawaslu mengapresiasi kinerja KPU Batang, Banjarnegara, dan Purbalingga. Diapresiasi karena seluruh kejadian, saran-saran, perbaikan, dari anggota Bawaslu dan saksi dicatat dalam DB2 [tertib administrasi],” kata Muslim.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya