Jaga Mudik Lebaran 2019, Polda Jateng Siagakan 22.000 Personel

Polisi mengatur arus lalu lintas kendaraan pemudik yang akan memasuki tol di pintu keluar tol Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (29/6 - 2017). (Antara/Harviyan Perdana Putra)
15 Mei 2019 22:50 WIB Alif Nazzala Rizqi Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Polda Jawa Tengah menyiagakan 22.000 personel untuk mengamankan dan mengawal musim mudik Lebaran 2019. Pengamanan mudik Idulfitri 1440 H itu melibatkan pula instansi terkait dan back-up 750 siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP).

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol. Agus Triatmadja mengatakan ribuan petugas tersebut nantinya akan disebar sesuai peran masing-masing di lapangan.  "Polda Jateng akan menurunkan 22.000 lebih personel kepolisian untuk pengamanan mudik 2019, yang dibantu instansi terkait dan back-up siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP), sekitar 750 siswa," kata Agus, Rabu (15/5/2019). 

Agus menambahkan Polda Jateng sejauh ini telah melakukan berbagai persiapan terutama mewaspadai sejumlah titik rawan keamanan dan kemacetan yang ada.    Disebut Agus, khusus kemacetan akan diwaspadai sejumlah titik terutama pada pintu keluar tol dan pasar tumpah yang biasanya memakan badan jalan, sehingga membuat pelambatan arus kendaraan. 

"Baik jalur pantura, tengah dan selatan, ini biasanya didominasi pasar tumpah, pasti akan mempersempit jalan, ada yang dipakai parkir terutama. Yang kita lakukan akan pasang barir, jangan sampai menganggu ruas jalannya," ucap Agus. 

Agus mengimbau pemudik agar selalu mempersiapkan diri sebaik mungkin, serta selalu waspada menjaga keamanan dan keselamatan. "Pemudik bisa persiapan diri, kendaraan, kesehatan dan kelengkapannya dengan baik supaya di tengah jalan tidak ada kendala. Pemudik diharapkan juga mematuhi rambu lalu lintas agar tidak terjadi trouble," tuturnya.

Selain itu, dia memberi pesan saat ini telah banyak penyediaan mudik gratis baik dari pemerintah maupun perusahaan sehingga bisa dimanfaatkan agar mudik benar-benar nyaman.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis