Dishub Jateng Prediksi 14 Titik Rawan Macet, Ini Lokasinya…

Ilustrasi kemacetan lalu lintas. (Solopos/Dok.)
16 Mei 2019 18:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Tengah (Jateng) telah memetakan lokasi rawan kemacetan saat arus mudik Lebaran 2019 nanti. Ada sekitar 14 titik yang diprediksi akan menjadi pusat kemacetan, sehingga patut dihindari oleh para pemudik yang melintas di wilayah Jateng.

“Kalau jumlahnya [titik kemacetan] banyak. Ada sekitar 14 titik,” ujar Kepala Dishub Jateng, Satriyo Hidayat, saat dijumpai wartawan di Hotel Norman, Kota Semarang, Rabu (15/5/2019).

Satriyo menyebut banyaknya lokasi kemacetan saat libur Lebaran nanti karena adanya lonjakan pemudik yang melintas di Jateng. Tahun ini, ia bahkan memprediksi akan ada peningkatan jumlah pemudik yang melintas di Jateng dibanding tahun lalu sekitar 14-18% atau mencapai 8,4 juta jiwa.

“Dari 8,4 juta jiwa itu yang memakai moda transportasi darat sekitar 6,8 juta. Dari jumlah itu, sekitar 40% melintasi tol. Sedangkan, 27 melintas di jalur Pantura, sisanya melewati jalur pantai selatan dan ruas jalan nasional lainnya,” ungkap Satriyo.

Disinggung lokasi mana saja yang menjadi titik kemacetan, Satriyo menyebutkan beberapa titik seperti ruas jalur Pantura, Brebes, dan akses masuk ke Pekalongan.

“Pekalongan itu soalnya enggak punya ringroad, jadi akses gangguannya tinggi. Apalagi di sana ada dua perlintasan KA,” ujar Satriyo.

Pada tahun 2017, lanjut Satriyo, kemacetan di jalur menuju Pekalongan bahkan bisa mencapai 15 kilometer (km). Namun, jumlah itu berkurang pada 2018 menjadi 10 km. “Tahun ini, kami harap turun lagi,” imbuhnya.

Selain di jalur reguler, Satriyo mengaku kemacetan di Jateng juga berpotensi di sejumlah exit tol. Beberapa exit tol yang diprediksi macet, antara lain yakni exit tol di Ngemplak, Ngasem, Boyolali, dan Bawen,

Khusus di Bawen, Satriyo memprediksi akan terjadi kemacetan yang sangat panjang karena merupakan pintu keluar tol pemudik dari Jakarta yang ingin ke Yogyakarta dengan melintasi tol.

“Makanya saya imbau untuk pemudik yang ingin ke Jogja enggak usah lewat Bawen. Kalau bisa keluar di Pintu Tol Kartasura saja, lebih cepat,” jelas Satriyo.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya