Ratusan Biksu Lantunkan Parita Suci Sambut Waisak di Candi Mendut

Ratusan biksu melantunkan parita suci di pelataran Candi Mendut sebelum melakukan kirab ke Candi Borobudur. Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (18/5 - 2019). (Antara/Heru Suyitno)
18 Mei 2019 20:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, MUNGKID Ratusan biksu melantunkan Parita Suci di Candi Mendut Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (18/5/2019). Kegiatan itu dilakukan setelah mereka menerima pindapata dari umat Buddha menjelang puncak Waisak 2563 BE/2019 M yang jatuh pada Minggu (19/5/2019) pukul 04.11 WIB.

Para biksu itu duduk dengan sikap anjali di depan altar di pelataran Candi Mendut membaca Parita Suci sebelum mereka melakukan kirab Waisak dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur. Masing-masing majelis diberi kesempatan untuk membaca Parita Suci dan ribuan umat Buddha mengikuti pembacaan Parita Suci dengan khidmat dan khusyuk.

Ketua Dewan Sangha Walubi, Bante Tadisa Paramita, mengatakan para biksu sangha setelah menerima persembahan dari para umat harus mendoakan para umat yang telah berdana untuk memperoleh segala keberuntungan. "Kita juga memberikan dana darma yaitu penghargaan supaya kita bisa mengendalikan diri, memiliki moral, etika sekaligus mengembangkan spiritual untuk meraih pencerahan dan pembebasan mutlak," katanya.

Ia menyampaikan dalam membaca sutera harus mengerti dan memahami makna yang tersurat di dalamnya. Kalau Java Sutera atau panjatkan sutera itu supaya pikiran, ucapan, dan perbuatan itu manunggal menjadi satu keselarasan. Sedangkan melafalkan sutera mantera atau parita bertujuan untuk menyucikan badan, artinya siapa yang membaca dan apa yang dibaca semua harus ditanggalkan sehingga muncul kemurnian.

"Inilah berkah yang sangat besar bagi umat Buddha mengikuti pujabakti," katanya. Pada Hari Tri Suci Waisak, umat Buddha merayakan tiga peristiwa besar dalam ajaran Buddha, yakni kelahiran Sidarta Gautama, Sidarta memperoleh penerangan sempurna sebagai Sang Buddha, dan Sang Buddha Gautama mangkat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya