Jateng Fair 2019 Sesuaikan Pencanangan Borobudur Jadi Tempat Spiritual

Direktur Utama PT PRPP Titah Listyorini (kanan) dan Direktur Pemasaran PRPP Solichin mempromosikan Jateng Fair 2018, di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (3/7 - 2019). (Antara/Zuhdiar Laeis)
19 Mei 2019 12:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Agenda tahunan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berupa Jateng Fair akan digelar 28 Juni 2019 hingga 14 Juli 2019 mengangkat tema “Kemegahan Candi Borobudur”. Penetapan tema itu disesuaikan dengan pencanangan Borobudur sebagai tempat spiritual dan cagar budaya.

"Temanya itu Borobudur yang mulia dan agung atau ‘Glorious Borobudur’ karena Candi Borobudur merupakan aset Jateng yang telah mendunia, maka kami kerja sama dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan Ratu Boko yang kebetulan tahun ini mereka akan mencanangkan Borobudur sebagai tempat spiritual dan cagar budaya, bukan hanya tempat wisata," kata Direktur PT Pusat Rekreasi Promosi Pembangunan (PRPP) Jateng Titah Listiorini di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (16/5/2019).

Ia menjelaskan pihaknya akan membuat dekorasi bernuansa Candi Borobudur selama 17 hari pelaksanaan Jateng Fair 2019 di kompleks PRPP Semarang. Dekorasi, antara lain dengan menghadirkan area Borobudur Mini Park atau taman replika Candi Borobudur, Borobudur Art and Agriculture dan area Borobudur Culinary Fair.

Selain itu, para pengunjung Jateng Fair 2019 juga dapat menikmati suguhan pertunjukan sinar laser yang menampilkan ornamen-ornamen Candi Borobudur. Untuk peserta pameran, penyelenggara Jateng Fair 2019 menghadirkan gerai berisi produk- produk unggulan, seperti tempat wisata, kuliner maupun kerajinan tangan, yang berasal dari 35 kabupaten/kota di Jateng. Termasuk peserta pameran dari unsur BUMN, BUMD, swasta, hingga pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Adapun harga tiket masuk pengunjung Rp15.000 [Senin-Kamis] dan Rp20.000 [Jumat-Minggu]. Pengunjung juga dihibur aksi panggung Nella Kharisma, Hanin Dhiya, Ndx Aka, Fourtwnty, Souljah, band Grassrock, Ita Purnamasari, dan sebagainya," ujarnya.

Pengunjung Jateng Fair 2019 ditargetkan sebanyak 500.000 orang dan diharapkan dapat tercapai. Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Sri Puryono berharap ajang Jateng Fair tiap tahunnya menghadirkan inovasi dan kreasi sehingga mampu menyedot pengunjung serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Jateng.

"Jateng Fair ini termasuk rangkaian perayaan Hari Jadi Provinsi Jateng, maka saya ingin tiap tahun ada terobosan inovasi dan kreasi sehingga benar-benar meriah, namun inovasi ini juga harus diikuti dengan jaminan keselamatan bagi para pengunjung," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara