One Way di Tol saat Mudik Lebaran 2019 Sulitkan Aptrindo Jateng

Kendaraan melintasi ruas jalan tol Trans Jawa, di wilayah Jawa Tengah, Kamis (20/12 - 2018). (Bisnis/Nurul Hidayat)
20 Mei 2019 18:50 WIB Yudi Supriyanto Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Kebijakan one way atau satu arah pada jalur jalan tol pada musim mudik Lebaran 2019 dikhawatirkan berdampak pada pergerakan muatan barang di wilayah Jawa Tengah.

Wakil Ketua DPD Aptrindo Jateng dan DIY Bambang Widjanarko mengungkapkan dampak langsungnya sebenarnya tidak besar karena banyak angkutan barang truk di wilayah Jawa Tengah yang menggunakan jalan arteri selain jalan tol. "Pemberlakuan one way jelas sedikit mempersulit, tapi kalau sudah menjadi kebijakan, apa ya kita bisa menganulir," kata Bambang kepada Bisnis, Minggu (19/5/2019).

Dia menjelaskan, jalan-jalan di wilayah Jawa Tengah berbeda dengan jalan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Di wilayah Jateng, lanjutnya, banyak jalan alternatif dan tembusan yang bisa digunakan oleh angkutan barang truk ketika kebijakan one way diterapkan.

Sementara itu, di wilayah Jabodetabek, dia meyakini kebijakan arus lalu lintas satu arah dapat menjadi masalah bagi truk untuk melintas pada arus sebaliknya ketika kebijakan one way tersebut dilakukan. "Bagi yang di Jabodetabek kayaknya tidak ada pilihan, mereka mau enggak mau kan harus menggunakan jalan tol," katanya.

Meskipun begitu, dia menilai sebenarnya akan lebih tepat jika kebijakan rekayasa lalu lintas satu arah tidak diberlakukan. Dia berharap, korps lalu lintas (korlantas) Polri bisa mengatur jalur alternatif yang akan dilalui kendaraan agar tidak terjadi kemacetan parah ketika kebijakan rekayasa lalu lintas satu arah tersebut dilakukan.

"Sedikit membingungkan saja, sebab yang akan tetap beroperasi pada saat itu kan hanya sedikit truk. Hanya yang berhubungan dengan muatan sembako [sembilan bahan pokok] dan ekspor-impor saja," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis