Astra Motor Jateng Jual 43.431 Motor Sepanjang April 2019

Ilustrasi kantor Astra Motor Jateng. (Bisnis)
23 Mei 2019 02:50 WIB Yudi Supriyanto Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Astra Motor Jateng mencatatkan penjualan 43.431 unit sepeda motor sepanjang April 2019 saja. Angka itu dicatatkan seluruh seluruh diler Astra Motor di Jawa Tengah, termasuk 11.158 unit yang djual jaringan diler yang dimiliki Astra Motor pada periode yang sama tahun ini.

Retail Supervisor Astra Motor Jateng, Dika Ashari, mengungkapkan penjualan sepeda motor oleh jaringan diler Astra Motor di Jawa Tengah membuatnya memiliki kontribusi sebesar 25,69% terhadap total penjualan Astra Motor Jateng pada bulan keempat tahun ini. “[Jaringan diler Astra Motor di Jateng] Kontribusi pada April 25,7%,” kata Dika kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Selasa (21/5/2019).

Dia menjelaskan tingginya kontribusi penjualan motor oleh jaringan diler Astra Motor di Jateng dapat terjadi lantaran perusahaan memiliki banyak jaringan. Saat ini, lanjutnya, total jaringan diler Astra Motor di seluruh kabupaten dan kota di Jateng mencapai 33 unit.

Dari ke-33 diler itu, penjualan sepeda motor pada April 2019 ini mencapai 11.158 unit atau mengalami pertumbuhan jika dibandingkan dengan penjualan pada periode yang sama tahun lalu. Pada periode yang sama tahun lalu, penjualan ritel jaringan diler Astra Motor di Jateng mencapai 10.819 unit, sehingga penjualan pada bulan yang sama tahun ini mengalami pertumbuhan sekitar 3,13%.

Dia menjelaskan pertumbuhan penjualan ritel motor Honda yang terjadi pada awal bulan di kuartal kedua tahun ini dibandingkan dengan penjualan ritel pada periode yang sama tahun lalu disebabkan beberapa faktor pendukung. Kondisi ekonomi yang lebih baik menjadi salah satu faktor yang membuat penjualan ritel motor Honda pada April 2019 lalu lebih tinggi dibandingkan dengan penjualan ritel April 2018.

Selain kondisi ekonomi, ujarnya, kesiapan strategi pricing angsuran dan stok ketersediaan unit pada 2019 jauh lebih siap sehingga kecepatan memenuhi pesanan konsumen bisa lebih cepat menjadi salah satu pendorong penjualan. Beberapa model baru yang telah dikeluarkan juga membuat penjualan motor Honda pada bulan keempat tahun ini mengalami pertumbuhan.

Meskipun penjualan ritel jaringan diler Astra Motor di Jateng tercatat lebih tinggi 3,13% pada April 2019 dibandingkan dengan penjualan ritel pada periode yang sama tahun lalu, kinerja pada bulan keempat tahun ini tidak mencapai target. Menurutnya, target penjualan ritel kendaraan roda dua Honda yang terpasang pada April 2019 mencapai 11.400 unit.  Oleh karena itu, simpulnya, pencapaian penjualan ritel motor Honda melalui jaringan diler Astra Motor di Jateng baru sekitar 97%.

Adapun terkait dengan tipe kendaraan roda dua yang memberikan kontribusi penjualan ritel cukup besar pada April tahun ini adalah kendaraan skuter matik (skutik) jenis Beat dan Vario. Kedua model tersebut bahkan tercatat memberikan kontribusi di atas 70% terhadap penjualan ritel pada awal bulan kuartal kedua tahun ini.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis