Pemprov Jateng Tempuh Cara Ini Jaga Stabilitas Harga

Ilustrasi kegiatan di pasar tradisional. (Antara)
24 Mei 2019 22:50 WIB Yudi Supriyanto Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memastikan akan terus menjaga stabilitas harga beragam komoditas menjelang Lebaran 2019. Gubernur Ganjar Pranowo mengungkapkan beberapa langkah akan dilakukan oleh pemprov Jateng guna membuat harga beragam komoditas itu menjadi stabil mendekati Hari Idulfitri 1440 H.

"Saya senang, harga semua stabil khususnya bawang putih. Mungkin impor sudah masuk ke pasar-pasar, sehingga harganya stabil. Untuk kebutuhan lain, seperti beras, gula juga stabil," kata Ganjar Pranowo dalam siaran pers yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (23/5/2019).

Dia menjelaskan salah satu langkah yang akan dilakukan guna membuat harga-harga stabil menjelang Lebaran adalah dengan terus menjamin distribusi pasokan bahan makanan lancar, sehingga tersedia di pasar. Dengan adanya pasokan komoditas-komoditas tersebut, dia berharap harga-harga di pasaran akan stabil.

Selain itu, tambahnya, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk mengecek harga-harga dan pasokan dengan berkeliling guna menjaga stabilitas harga-harga komoditas di Jawa Tengah. "Kami juga sudah perintahkan TPID untuk terus berkeliling mengecek harga-harga dan pasokan. Bupati/Wali Kota juga kami perintahkan untuk mengawasi daerahnya masing-masing," katanya.

Dalam kunjungannya ke Pasar Rejowinangun, Magelang, Ganjar Pranowo menemukan beberapa harga komoditas yang stabil dan turun. Harga beragam komoditas yang stabil tersebut seperti beras yang tetap berada pada kisaran Rp8.000/kg-Rp11.000/kg. Adapun komoditas yang mengalami penurunan adalah gula. Berdasarkan siaran persnya, dia menemukan harga gula putih yang sebelumnya Rp13.000/kg menjadi Rp12.500/kg.

Sementara itu, bawang putih yang sempat dijual dengan harga Rp60.000/kg, kini berada pada kisaran Rp30.000.kg ketika mengunjungi pasar tersebut.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis