Hadapi Tekanan Bertubi-Tubi, PSIS Tertinggal 0-1 dari Persebaya

Ilustrasi laga PSIS Semarang.(Antara/Andreas Fitri Atmoko)
30 Mei 2019 20:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — PSIS Semarang untuk sementara tertinggal 0-1 atas tuan rumah, Persebaya Surabaya, pada laga lanjutan Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Kamis (30/5/2019). Gol semata wayang yang tercipta pada babak pertama itu di laga itu diciptakan striker Timnas Indonesia asal Papua, Osvaldo Haay.

Tampil di kandang lawan, PSIS Semarang mencoba tampil pragmatis. Skuat berjuluk Mahesa Jenar itu tak banyak melakukan serangan.

Dengan menerapkan skema 3-5-2, PSIS Semarang lebih banyak menurunkan pemain di lini tengah. Meski demikian, skuat besutan Jafri Sastra itu terkesan tampil menunggu dan sesekali menerapkan serangan balik. Terbukti, hingga menit ke-28 PSIS Semarang belum mampu menciptakan satu pun peluang.

Di sisi lain, tim tuan rumah tampil lebih agresif. Mengandalkan kecepatan para pemain, seperti Osvaldo Haay, Manu Jalilov, dan Irfan Jaya, Persebaya Surabaya banyak menciptakan peluang.

Kendati demikian, Persebaya baru mampu memecah kebuntuan pada menit ke-28. Di awali umpan crossing Ruben Sanadi di sisi kanan pertahanan PSIS Semarang, Osvaldo Haay menyambut bola dengan kepalanya untuk menciptakan gol. PSIS Semarang pun tertinggal 0-1.

Tertinggal 0-1, PSIS Semarang tak banyak membuat perubahan. Lini depan PSIS Semarang masih belum terlalu padu.

Terlebih, PSIS Semarang kali ini banyak menurunkan gelandang dengan kemampuan bertahan, seperti Septinus Alua yang baru saja didatangkan dari Persija Jakarta.

Pada menit ke-40, PSIS Semarang melakukan rotasi dengan menarik keluar Septinus Alua dan memasukkan Shohei Matsunaga.

Ini kali pertama, Shohei memperkuat PSIS Semarang di laga Liga 1 setelah dua laga sebelumnya harus menjalani larangan bermain akibat akumulasi kartu.

Masuknya Shohei diharap mampu memberikan sedikit dukungan di lini depan. Namun hingga peluit panjang tanda babak pertama berakhir dibunyikan wasit Moch Adung dari Jakarta, kedudukan 1-0 untuk Persebaya Surabaya tak berubah.

Susunan pemain:

Persebaya (3-5-2)
Abdul Rohim (gk); M. Syaifuddin, Novan S., Ruben Sanadi; Damian Lizio, Fandi Eko, Hansamu Yama, Misbakun Solikin, Osvaldo Haay; Irfan Jaya, M. Jalilov
Cadangan:
Imam Arif (gk), R. Irianto, Abu Rizal, Elisa Yahya, M. Alwi, M. Hidayat, Rendi Saputra
Pelatih: Djadjang Nurjaman

 PSIS (3-5-2)
Janida (gk); M. Rio, Safrudin Tahar, Wallace Costa; Arthur Bonai, Fredyan Wahyu, Patrick Motta, Septian David, Septinus Alua; Hari Nur, Escobar
 Cadangan:
Joko Ribowo, Fauzan Fajri, Soni Setiawan, Bayu Nugroho, Shohei Matsunaga, Tegar Infantrie, Komarudin
Pelatih: Jafri Sastra

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya