PDIP Berangkatkan 142 Bus Pemudik ke Jateng

Mudik gratis yang dilaksanakan PDIP pada 2016. Pada tahun ini PDIP kembali menggelar mudik gratis. (Antara/Sigid Kurniawan)
03 Juni 2019 02:50 WIB Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali Semarang Share :

Semarangpos.com, SURABAYA — Program Mudik Gratis PDI Perjuangan memberangkatkan lebih dari 12.000 pemudik dengan bus dan kereta api. Sebanyak 142 bus pemudik di berangkatkan dari Jakarta ke Jawa Tengah.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangan resminya yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Minggu (2/6/2019) mengatakan program mudik ini telah berjalan sejak 16 tahun lalu. "Ini tradisi mudik gotong royong PDI Perjuangan yang telah dilaksanakan sejak 2003. Jadi dalam situasi baik berada di dalam pemerintahan maupun di luar pemerintahan, PDI Perjuangan tetap memelopori tradisi mudik yang dilaksanakan dengan cara gotong royong," jelas Hasto.

Hasto menjelaskan secara terperinci bahwa program Mudik Gratis PDIP telah memberangkatkan 742 pemudik menuju Surabaya, dan 400 orang menuju Semarang via kereta api. Sedangkan untuk jalur darat, ada 23 bus menuju Sumatra, Yogyakarta, dan Jawa Barat, 142 bus menuju Jawa Tengah, serta 49 bus menuju Jawa Timur.

Hasto mengungkapkan bahwa program ini juga dibuat untuk menguatkan komitmen pemerintahan Joko Widodo menggalakkan penggunaan layanan transportasi massal. Selain itu, Hasto menilai pelaksanaan layanan transportasi di era pemerintahan Jokowi menjadi jauh semakin baik. Sebab, Hasto mengamati sendiri ke stasiun dan menunjau bus yang mengantarkan para pemudik.

Sementara itu, menurut pengamatan Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali 2019 Bisnis Indonesia melalui jalur darat, infrastruktur jalan baik via jalan tol Trans Jawa maupun jalur pantai utara (pantura) Jawa terpantau tak ada masalah berarti. Baik dari kondisi jalan, kebijakan lalu-lintas yang telah dipersiapkan secara matang, maupun arus mudik hingga kini masih terpantau lancar, sehingga diprediksi tak ada kendala kemacetan berarti ketika puncak mudik Lebaran 2019.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis