Di Luar Prediksi, Puncak Arus Mudik di Semarang Terjadi pada H-2 Lebaran

ilustrasi kereta api. (Solopos/Dok)
03 Juni 2019 20:20 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Moda transportasi kereta api rupanya masih menjadi favorit pemudik pada Lebaran kali ini. Terbukti, hingga H-2 Lebaran atau Senin (3/6/2019), aktivitas penumpang kereta api di wilayah PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) IV terus mengalami lonjakan di banding hari-hari sebelumnya.

Informasi yang diperoleh Semarangpos.com, Senin sore, penumpang yang melakukan aktivitas di wilayah PT KAI Daops IV mengalami kenaikan. Pada H-2 Lebaran, jumlah penumpang yang turun di wilayah PT KAI Daops IV mencapai 26.884 orang. Sedangkan, penumpang yang naik atau melakukan perjalanan dari stasiun PT KAI Daops IV berjumlah sekitar 20.139 orang.

Jumlah ini bahkan terbilang lebih banyak dibanding jumlah penumpang pada H-6 Lebaran atau puncak arus mudik yang diprediksi PT KAI. Pada H-6 Lebaran tercatat penumpang yang turun mencapai 25.368 orang, sedangkan yang naik sekitar 22.138 orang.

Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Krisbiyantoro, memperkirakan puncak arus mudik justru bisa terjadi pada H-2 atau meleset dari prediksi sebelumnya, yakni H-6.

“Bisa jadi itu dikarenakan banyak pemudik yang sebelumnya tidak mendapat tiket, justru mendapat tiket saat H-2. Apalagi kan penambahan tiket yang kita sediakan setiap harinya cukup banyak,” ujar Kris kepada Semarangpos.com, Senin.

Kris mengatakan setiap harinya PT KAI memberikan tambahan kuota mencapai 45.966 seat atau tempat duduk untuk perjalanan kereta api di wilayah PT KAI Daops IV.

Sementara itu, dari 22 stasiun yang ada di wilayah PT KAI Daops IV mayoritas penumpang memilih untuk turun maupun naik dari Stasiun Poncol. Tercatat pada H-2 Lebaran ada 7.150 penumpang yang turun di Stasiun Poncol, sedangkan yang naik sekitar 5.944 orang.

Sedangkan Stasiun Tawang yang menjadi stasiun paling banyak kedua yang menjadi tujuan penumpang di wilayah PT KAI Daops IV. Pada H-2 Lebaran ada sekitar 5.382 penumpang yang turun di Stasiun Tawang, sedangkan yang naik sekitar 6.566 orang.

"Total sejak H-10 hingga H-2 Lebaran sampai pukul 15.00 WIB tadi sudah ada 165.660 penumpang yang turun di 22 stasiun wilayah PT KAI Daops IV dan 204.155 penumpang yang melakukan perjalanan," tutur Kris.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya