63 Narapidana Rutan Temanggung Peroleh Remisi

Kepala Rutan Temanggung Bambang Wijanarka. (Antara/Heru Suyitno)
04 Juni 2019 23:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, TEMANGGUNG — Sebanyak 63 dari total 88 narapidana di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Temanggung, Jawa Tengah mendapat remisi khusus pada Idulfitri 1440 H.

"Sebanyak 63 orang memenuhi syarat untuk mendapatkan remisi, sedangkan 25 orang lainnya belum memenuhi syarat karena belum menjalani enam bulan pidana," kata Kepala Rutan Temanggung Bambang Wijanarka di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Senin (3/6/2019).

Ia menyebutkan jumlah warga binaan di Rutan Temanggung 156 orang, terdiri atas 68 tahanan dan 88 narapidana. Ia mengatakan dari sejumlah narapidana yang mendapat remisi 15 hari sebanyak 18 orang, dapat remisi satu bulan sebanyak 44 orang, dapat remisi satu bulan 15 hari satu orang, dan remisi langsung bebas dua orang.

"Pemberian remisi tersebut akan dilakukan seusai Salat Idulfitri," katanya.

Ia menyampaikan syarat untuk mendapatkan remisi, yakni narapidana berkelakuan baik, mengikuti program pembinaan yang ada di rutan maupun lapas, dan sudah menjalani hukuman enam bulan masa pidana. Dia menjelaskan di Rutan Temanggung ini tidak ada napi kategori berat, semua kasus biasa.

Ia menjelaskan beberapa kali memang terjadi penangkapan teroris di Temanggung tetapi tempat kejadiannya di daerah lain seperti Jakarta dan lainnya sehingga tidak ada yang disidangkan di Temanggung. Selain pemberian remisi, katanya untuk menyambut Lebaran dilakukan kelonggaran jam kunjungan bagi pihak keluarga pada 5-9 Juni 2019.

Pada hari-hari bisa, jam kunjungan pukul 08.00 WIB-11.30 WIB, sedangkan selama lima hari, mulai Idulfitri, jam kunjungan 08.00 WIB-12.30 WIB. "Jam kunjungan kami tambahi satu jam, yang biasanya sampai 11.30 WIB menjadi 12.30 WIB. Meskipun ada tambahan waktu berkunjung, jam kunjung tetap kami atur yang biasanya pertemuan hanya 20 menit, kami tambahi menjadi 30 menit," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara