Libur Lebaran Usai, Penumpang KA di Semarang Mulai Susut

Ilustrasi penumpang kereta api. (Antara/PT KAI Purwokerto)
11 Juni 2019 02:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Berakhirnya libur Lebaran 2019 ditandai dengan mulai masuk kerjanya karyawan di berbagai instansi baik swasta maupun pemerintah, Senin (10/6/2019). Mulai masuk kerjanya karyawan di berbagai instansi ini pun membuat jumlah penumpang kereta api di 22 stasiun yang menjadi wilayah PT KAI Daops IV Semarang mulai menyusut.

Data yang diterima Semarangpos.com menyebutkan jumlah penumpang yang turun di 22 stasiun milik PT KAI Daops IV Semarang hingga Senin petang mencapai 28.116 orang. Jumlah itu lebih sedikit dibanding jumlah penumpang yang turun pada Minggu (9/6/2019), yang mencapai 30.042 orang.

Sementara jumlah penumpang yang melakukan perjalanan dari 22 stasiun PT KAI Daops IV Semarang juga mengalami penurunan, yakni 30.921 orang atau lebih sedikit dibanding saat Minggu, yakni 31.877 orang.

Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Kribiyantoro, mengatakan kendati mulai mengalami penurunan jumlah penumpang tersebut masih terbilang tinggi. Bahkan, angka pemudik yang menggunakan kereta api pada masa angkut Lebaran tahun ini terbilang lebih tinggi dibanding tahun lalu, sekitar 9%.

"Jumlah penumpang yang melakukan aktivitas pada hari pertama kerja ini masih terbilang tinggi. Saya kurang tahu alasan pastinya. Mungkin karena di negara kita lebih banyak yang jadi wirausaha jadi tidak terpancang aturan kantor," ujar pria yang akrab disapa Kris itu kepada Semarangpos.com, Senin.

Kris menambahkan selain kereta api reguler, kereta api lokal seperti Kaligung relasi Semarang-Tegal juga banyak memberikan kontribusi terhadap jumlah penumpang saat arus mudik dan arus balik Lebaran kali ini. Waktu tempuh KA Kaligung yang hanya berkisar 2 jam membuat KA itu jadi idola para pemudik.

Sementara itu, dari data yang diterima Semarangpos.com, selama masa angkut Lebaran, yakni H-10 Lebaran atau 26 Mei hingga H+4 Lebaran atau 10 Juni 2019 total sudah ada sekitar 405.314 penumpang KA yang turun atau mengakhiri perjalanan di 22 stasiun milik PT KAI Daops IV Semarang. Jumlah ini naik sekitar 5% dibanding periode yang sama pada Lebaran tahun lalu, yakni 386.708 orang

Sementara, penumpang yang melakukan perjalanan KA dari 22 staiun PT KAI Daops IV sejak H-10 hingga H+4 Lebaran mencapai 356.992 orang atau naik sekitar 9% dibanding periode yang sama pada Lebaran tahun lalu yang hanya berjumlah sekitar 238.424 orang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya