Gelar Latihan Perdana Pasca-Libur Lebaran, PSIS Tak Kenakan Sanksi Denda

Ilustrasi pertandingan PSIS Semarang. (Antara/Ari Bowo Sucipto)
11 Juni 2019 10:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — PSIS Semarang tak akan mengenakan sanksi denda kepada para pemainnya saat menggelar laga perdana pasca-libur Lebaran, Senin (10/6/2019). Meski demikian, pemain yang ketahuan tidak menjaga kebugaran selama libur akan mendapat sanksi berupa waktu latihan tambahan.

Hal itu disampaikan CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, kepada wartawan di Semarang, Senin (10/9/2019). Yoyok mengatakan pihak manajemen telah memberikan waktu libur Lebaran yang cukup panjang kepada para pemain sejak Sabtu-Minggu (1-9/6/2019).

Para pemain pun diwajibkan mengikuti latihan perdana yang digelar Senin ini. Libur panjang, menurut Yoyok, menjadi tantangan tersendiri bagi pemain karena harus menjaga kebugaran maupun berat badan.

“Nanti pas latihan perdana ada program khusus. Semua pemain akan dites. Jika pekerjaan rumah [menjaga kebugaran] tidak dilakukan dengan baik pasti akan kelihatan,” ujar Yoyok.

Yoyok mengatakan dalam tes itu pemain akan ketahuan apakah fisiknya menurun atau berat badannya bertambah selama masa libur. Jika ketahuan fisiknya menurun atau berat badan bertambah pemain yang bersangkutan pun akan dikenai kewajiban menjalani latihan tambahan.

Yoyok menambahkan pihaknya selama ini memang cenderung menerapkan kebijakan sanksi berupa latihan tambahan dan bukan denda atau pemotongan gaji. Baginya, menu wajib melahap latihan tambahan akan lebih berat dirasakan para pemain ketimbang hanya mendapat sanksi denda atau pemotongan gaji.

“Rata-rata gaji pemain PSIS itu besar. Jadi, kalau cuma didenda Rp1 juta pasti enteng. Tapi, kalau diberi latihan keras dan tambahan tentu menjadi beban bagi mereka,” ujar Yoyok.

Seusia menjalani libur Lebaran, PSIS Semarang pun harus bersiap untuk menjalani laga tandang di kancah Liga 1 Indonesia. PSIS Semarang dijadwalkan akan menghadapi Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Sabtu (22/6/2019).

Sebelum menghadapi Bali United, PSIS Semarang sebenarnya dijadwalkan menghadapi Perseru Badak Lampung FC pada Jumat (14/6/2019). Namun, laga tersebut diundur hingga pekan terakhir Agustus mendatang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya