Wisatawan Lebaran di Borobudur Susut, Inilah Sebabnya...

Wisatawan memadati kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (8/6 - 2019). (Antara/Anis Efizudin)
16 Juni 2019 12:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, MUNGKID — Jumlah pengunjung Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada masa ramai kunjungan selama libur Lebaran 2019 mengalami penurunan dibanding tahun lalu. Sederet hal dituding General Manager Taman Wisata Candi Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sedana menjadi penyebabnya.

Putu mengatakan tahun ini jumlah pengunjung Candi Borobudur pada hari ketiga setelah Lebaran, yang merupakan masa puncak kunjungan wisatawan, hanya 53.000 orang. Angka itu lebih sedikit daripada jumlah pengunjung candi pada kurun yang sama tahun 2018 lalu yang mencapai lebih dari 55.000 orang.

"Sebelumnya kami targetkan jumlah pengunjung pada masa ramai Lebaran tahun ini naik 10 persen, tetapi tidak bisa tercapai," katanya di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (14/6/2019).

Penurunan jumlah pengunjung pada masa ramai selama libur Lebaran 2019 ini, menurut dia antara lain dipengaruhi oleh panjangnya masa libur. "Tahun lalu ada long weekend [libur panjang akhir pekan], kalau tahun ini long weekend langsung selesai untuk masuk kerja," katanya.

Faktor lain yang juga berpengaruh, lanjutnya, adalah situasi politik setelah pemilihan umum, banyaknya destinasi wisata baru, kenaikan harga tiket pesawat, dan pengoperasian jalan tol Trans Jawa. "Biasanya pemudik dari Jakarta mampir ke Borobudur, sekarang pilih langsung Surabaya karena perjalanan lebih cepat dengan adanya tol," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara