Kunjungi Pabrik PT Inka Madiun, Ini Manfaat yang Diperoleh Mahasiswa Unika Semarang...

Mahasiswa Unika Soegijapranata Semarang berkunjung ke pabrik PT Inka di Madiun, Jatim, Selasa (18/6 - 2019). (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)
20 Juni 2019 06:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Sebanyak 48 mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang berkunjung ke pabrik PT Industri Kereta Api (Inka) di Madiun, Jawa Timur (Jatim), Selasa (18/6/2019).

Rombongan yang dipimpin Ketua Prodi Teknik Elektro FT Unika Soegijapranata, Leonardus Heru Pratomo, itu ditemui langsung Manajer Keamanan PT Inka, Herlambang Eko Adi, di Aula PT Inka.

Herlambang lantas memberikan pemaparan terkait sejarah PT Inka yang telah berdiri sejak 18 Mei 1981. Selain itu, Herlambang juga menjelasan tentang berbagai prestasi PT Inka, salah satunya sebagai produsen kereta api terintegrasi pertama di Asia Tenggara.

“Selain dioperasikan di Indonesia, produk PT Inka juga telah tersebar dan beroperasi di banyak negara, seperti Bangladesh, Filipina, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Australia. Produk-produk yang diekspor antara lain, lokomotif, kereta penumpang, kereta penggerak, gerbong barang, kereta khusus, hingga produk pengembangan lainnya,” ujar Herlambang dalam keterangan resmi yang diperoleh Semarangpos.com, Rabu (19/6/2019).

Setelah mendapat penjelasan terkait sejarah PT Inka, puluhan mahasiswa Unika Semarang itu pun langsung diberikan kesempatan untuk melihat-lihat pabrik seluas 22,5 hektare itu.

Para mahasiswa itu pun terlihat antusias melihat proses pengerjaan yang dilakukan para pegawai, mulai dari proses desain, pengecatan, pemasangan instalansi pendukung, hingga proses pengiriman ke beberapa negara pemesan.

“Rata-rata kereta api yang dihasilkan sekitar tiga unit per bulan,” jelas salah satu staf tim teknologi PT Inka, Andri.

Salah seorang mahasiswa peserta kunjungan, Krismon, mengaku sangat antusias melakukan kunjungan itu. Ia bahkan sempat menanyakan strategi PT Inka bersaing dengan produsen kereta api lainnya, seperti dari Korea, Jepang, Tiongkok, maupun Eropa.

Selain Krismon, beberapa mahasiswa juga menunjukkan antusiasnya. Bahkan beberapa di antaranya tertarik bekerja di PT Inka, setelah menyelesaikan studi nanti.

“Untuk kebutuhan tenaga kerja kita selalu mengumumkan melalui website kami di www.inka.co.id. Tentu itu sangat memudahkan para calon pencari kerja yang ingin bergabung dengan PT Inka,” imbuh Herlambang.

Sementara itu, Kepala Prodi Teknik Elektro FT Unika Semarang, Leonadus Heru, mengaku senang bisa mengunjungi PT Inka. Selain berwisata, menurutnya kunjungan itu juga bisa memberikan hal yang positif bagi para mahasiswa.

“Banyak hal baru dan penyesuaian di dunia industry yang sejalan linier dengan jasa pendidikan, terutama di Teknik Elektro Unika Soegijapranata. Bagi alumni dan mahasiswa tidak perlu khawatir apa yang dibutuhkan industry karena sudah dipelajari di bangku kuliah. Tinggal penyesuaian dan pengembangannya,” ujar Leonadus.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya