Warga Sunan Kuning Dipulangkan Capai 449 Orang

Sejumlah warga binaan resosisalisasi Argorejo Semarang mengikuti pelatihan yang digelar Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Semarang di Semarang, Kamis (20/6 - 2019). (Antara/I.C. Senjaya)
21 Juni 2019 12:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota Semarang memiliki database jumlah warga binaan kompleks Resosialisasi Argorejo—atau lebih dikenal sebagai Lokalisasi Sunan Kuning—yang akan dipulangkan ke daerah asal mereka masing-masing setelah penutupan tempat tersebut. Jumlahnya mencapai 449 orang.

"Sudah ada databasenya, tidak bisa diubah-ubah," kata Kepala Dinas Sosial Kota Semarang Muthohar di Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (19/6/2019).

Berdasarkan data tersebut tercatat 449 warga binaan yang nantinya akan dipulangkan. Menurut dia, jika nantinya saat pemulangan jumlahnya melebihi yang sudah terdata, maka dipastikan mereka merupakan warga baru Sunan Kuning.

Ia menuturkan jika memang terdapat tambahan warga Sunan Kuning yang harus dipulangkan ke daerahnya masing-masing, Pemerintah Kota Semarang tidak akan tutup mata. Ia menjelaskan Pemerintah Kota Semarang telah menyiapkan para warga binaan Sunan Kuning yang akan dipulangkan sejak jauh hari.

Penyiapan tersebut antara lain pelatihan keterampilan yang sudah dilakukan sejak 2017. "Pemulangan tidak dilakukan begitu saja. Saat pulang nanti harus bisa hidup, bisa bermanfaat," katanya.

Selain itu, lanjut dia, terdapat pula tali asih bagi warga binaan yang besarannya belum ditetapkan. Namun, Muthohar tidak menjelaskan besaran anggaran yang sudah disiapkan.

Ia menyebut pemerintah pusat dan Pemerintah Kota Semarang sudah mengalokasikan anggaran untuk hal itu. Sebelumnya diberitakan Pemerintah Kota Semarang berencana menutup kompleks resosialisasi Argorejo sebelum 17 Agustus 2019.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara