Polines Bagi Ilmu ke 10 PT Akreditasi C

Kampus Politeknik Negeri Semarang (Polines). (polines.ac.id)
30 Juni 2019 14:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Politeknik Negeri Semarang (Polines) mendapat kepercayaan dari Direktorat Penjamin Mutu Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk menggelar Program Asuh Perguruan Tinggi Unggul. Program ini bertujuan membina program studi di kampus-kampus yang masih terakreditasi C.

Ada 10 perguruan tinggi asuhan yang dipilih Polines dalam program ini. Ke-10 perguruan tinggi itu, yakni Politeknik Trisila Dharma Tegal, Politeknik Purbaya Tegal, Politeknik Pratama Purwokerto, Politeknik Dharma Patria Kebumen, Politeknik Pertanian dan Peternakan Mapena Tuban, Akademi Pariwisata Buana Wisata Yogyakarta Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radio Terapi Citra Bangsa Yogyakarta, Akademi Manajemen Administrasi YPK Yogyakarta, Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Taruna Probolinggo, dan Akademi Kesehatan Arga Husada Kediri.

Wakil Direktur Bidang Akademik Polines, Ir. Endro Wasito, mengatakan 10 perguran tinggi itu dipilih setelah melalui seleksi. Penilaian seleksi didasari potensi perguruan tinggi tersebut dalam emningkatkan mutu pendidikan setelah proses pengasuhan.

“Pengalaman Polines dapat menjadi benchmarks untuk diimplementasikan di PT asuhan,” ujar Endro dalam keterangan resmi.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan bagi Polines belajar dari perguruan tinggi asuhan dalam mengelola kampusnya. Sehingga, lanjutnya, program perguran tinggi asuh itu menjadi media saling belajar, saling sharing dan bersinergi untuk menguatkan potensi masing-masing.

Endro menambahkan tujuan kegiatan perguruan tinggi asuh, pertama meningkatkan pemahaman implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Selain itu, juga memberikan bimbingan teknis penyusunan dokumen mutu yang dipersyaratkan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (standar minimal) dan Standar Pendidikan Tinggi yang ditetapkan perguruan tinggi masing-masing (standar pengembangan) untuk menuju akreditasi program studi dan institusi unggul.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Program Perguruan Tinggi Asuh, Ir. M. Muqorrobin, mengatakan  tahun 2019 merupakan tahun ketiga bagi Polines mendapat kepercayaan Kemenristekdikti pada Program Asuh PT Unggul ini.

“Tahun ini diikuti sepuluh perguruan tinggi. Kegiatan dilakukan dengan lokakarya, magang dan monitoring dan evaluasi penerapan sistem penjaminan mutu pada perguruan tinggi asuhan,” ujar pria yang akrab disapa Robin itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya