Hipmi Temanggung Gelar Festival Kopi Lagi

Penggunjung mendatangi festival kopi. (Antara/Dolly Rosana)
02 Juli 2019 23:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, TEMANGGUNG — Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Temanggung kembali menggelar festival kopi pada September 2019. Rencana tersebut diungkapkan Ketua Umum Badan Pengurus Cabang Hipmi Temanggung, Abaz Zahrotin.

Abaz di Temanggung, Jawa Tengah, Minggu (30/6/2019), mengatakan ajang tahunan yang kelima ini akan digelar setelah panen raya kopi dan panen raya tembakau. Ia menuturkan festival yang menjajakan kopi dari lereng Gunung Sindoro, Sumbing dan Prau ini rencananya akan dibuka Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

"Kami juga sudah audiensi dengan Kementerian Pertanian. Hasil dari audiensi tersebut Kementan akan mendukung penuh kegiatan ini. Mereka sedang merancang program apa yang mereka miliki untuk dikolaborasikan dengan festival kopi. Mereka juga mengusahakan Menteri Pertanian Amran Sulaiman untuk hadir," katanya.

Menurut dia, konsep festival kopi akan berbeda dari tahun sebelumnya. Jika penyelenggaraan festival sebelumnya hanya diikuti oleh para perajin kopi, tahun ini disediakan ratusan stand pameran untuk kopi, kuliner dan multiproduk. "Alasannya, kita bisa pergi ngopi tapi tidak bisa ajak keluarga karena isinya kopi semua. Dengan adanya multiproduk, kita bisa minum kopi dengan nyaman, istri bisa belanja, anak bisa kulineran dan bermain di area permainan anak," katanya.

Ia menyebutkan stand yang disediakan sebanyak 120 stand yang dirancang dengan konsep indoor dan outdoor. Tata letak dioptimalkan pada jumlah stand untuk memastikan mampu menampung semua stand yang mendaftar.

Selain kopi dan kuliner, sejumlah tenant yang mendaftar di antaranya BUMN, kantor pemerintahan, klinik kecantikan, pupuk, mesin roasting, dan kerajinan. "Kita sudah launch denah stand. Alhamdulillah 70% sudah laku. Untuk yang kopi Temanggung malah sudah sold out," katanya.

Ia menuturkan kegiatan pendamping untuk memancing antusiasme masyarakat juga dilakukan. Selain gelaran seni dan hiburan, juga direncanakan digelar kegiatan lomba terkait kopi dan lomba umum.

Menurut dia, bekerja sama dengan sejumlah instansi juga akan digelar temu bisnis dengan investor, pengusaha perhotelan dan biro wisata. "Ada hal yang menarik, akan kita buat doorprize, siapa saja yang berkunjung dan ngopi di festival, nanti akan dapat kupon undian, hadiahnya banyak, termasuk beberapa ekor kambing. Ngopi berhadiah kambing," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara