Seusai Khitan Massal di Salatiga, Pawarsa Reuni Akbar

Kegiatan bakti sosial yang digelar Pawarsa Jakarta di Salatiga, Sabtu (29/6 - 2019). (Semarangpos.com/Pawarsa Jakarta)
05 Juli 2019 16:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Paguyuban Warga Salatiga (Pawarsa) Jakarta baru saja menggelar serangkaian acara bakti sosial, salah satunya Khitanan Massal. Acara yang diikuti sekitar 150 anak dari kalangan ekonomi kurang mampu itu digelar di RSP dr. Ario Wirawan, Ngawen, Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (29/6/2019).

Seusai menggelar acara bakti sosial, Pawarsa berniat menyelenggarakan reuni akbar. Pertemuan yang rutin digelar tiga tahun sekali bagi warga Salatiga yang tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) itu akan berlangsung di Bumi Perkemahan Ragunan, Cilandak, Jakarta Selatan, 15 September mendatang.

Sekjen Pawarsa, Totok Supriyanto, mengatakan reuni akbar nanti akan mengusung tema Temu Dulur Solotiga. Reuni akbar itu diharapkan akan semakin mempererat tali silaturahmi antarwarga Salatiga maupun yang pernah memiliki ikatan emosional dengan Salatiga, namun saat ini tinggal atau berdomisili di Jakarta.

“Pawarsa ini didirikan sejak 9 November 1997 dan bersifat sosial kemasyarakatan, kekeluargaan, serta tidak berpolitik. Paguyuban ini menghimpun secara lintas usia, agama, latar belakang, dan strata sosial atas seluruh potensi warga Salatiga di perantauan untuk menumbuhkembangkan rasa kesetiakawanan dan tali persaudaraan,” jelas Totok dalam keterangan resmi yang diterima Semarangpos.com, Kamis (4/7/2019).

Totok mengaku saat ini banyak putera dan puteri Salatiga yang berhasil di perantauan. Tidak kurang dari 3.000 orang warga Salatiga yang berada di kawasan Jabodetabek.

“Nah, sejak tahun 2000 kami mulai fokus pada kegiatan berbagi yang konkret. Kami gelar bakti sosial demi kemajuan Salatiga. Tak hanya khitanan massal, kami juga menggelar kegiatan yang lain seperti membebaskan uang sekolah untuk anak-anak kurang mampu, membantu peralatan komputer ke sekolah dasar, dan lain-lain,” jelasnya.

Pada acara bakti sosial yang digelar Pawarsa pekan lalu, acara tidak hanya diisi dengan khitan massal. Acara bakti sosial lain juga digelar, seperti mengundang 100 warga Salatiga untuk makan siang bersama di restoran Joglo Rini, menggelar seminar sekuriti secara gratis, dan membagikan 1.000 pasang sandal wudu di 25 masjid dan musala di Salatiga.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya