Untidar Magelang Seleksi Ribuan Calon Mahasiswa

Calon mahasiswa baru Universitas Tidar Kota Magelang mengikuti tes tulis seleksi mandiri, Sabtu (13/7 - 2019). (Antara/Untidar Kota Magelang)
14 Juli 2019 06:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, MAGELANG — Universitas Tidar (Untidar) Kota Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (13/7/2019), menggelar Seleksi Mandiri Masuk (SMM) yang diikuti 2.620 calon mahasiswa baru dari berbagai daerah di Indonesia.

Rektor Untidar Kota Magelang Profesor Mukh. Arifin di sela-sela pelaksanaan SMM itu mengatakan lokasi tes dipusatkan di 20 ruangan Kampus Untidar. Selain itu tes juga menggunakan ruangan di sejumlah sekolah di kota itu.

Tercatat 24 ruang di SMA Negeri 2 Kota Magelang, 20 ruang SMA Negeri 3 Kota Magelang, dan 28 ruang di SMA Negeri 5 Kota Magelang juga digunakan untuk seleksi tersebut. Total ruangan yang digunakan untuk SMM Untidar tahun ini 132 ruang.

Mereka yang akan diterima masuk di berbagai program studi Untidar tahun ini melalui jalur seleksi itu berjumlah 659 mahasiswa baru. Penyelenggaraan seleksi berdasar hasil Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) yang terbagi dalam kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek) serta Sosial dan Humaniora (Soshum).

Untidar mengelola sendiri jalur seleksi itu, mulai dari penyusunan soal, penggandaan dan koreksi soal ujian. Pihak panitia, katanya, menyediakan 2.880 paket soal Tes Potensi Akademik (TPA), 1.300 paket soal saintek, dan 1.600 paket soal soshum.

Ia menjelaskan SMM memberikan kesempatan kepada mereka yang belum diterima masuk Untidar melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) beberapa waktu lalu. "Kami memberikan kesempatan untuk mereka yang kemarin belum diterima melalui SBMPTN," ucap dia dalam keterangan tertulis Humas Untidar Kota Magelang.

Pada tahun ini, Untidar menerima total mahasiswa baru 2.205 orang, meliputi jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 576 orang, SBMPTN 970 orang, dan SMM 659 orang. Wakil Rektor Bidang Akademik Untidar Kota Magelang Doktor Noor Farid mengatakan dalam SMM tahun ini, program studi untuk kelompok saintek dengan peminat cukup tinggi secara berturut-turut tercatat Teknik Sipil 423 orang pendaftar, Agroteknologi 400 orang, Teknik Mesin 288 orang.

Untuk kelompok soshum, meliputi Manajemen 437 orang, Ilmu Administrasi Negara 461 orang, dan Ekonomi Pembangunan 398 orang. Pengumuman hasil SMM Untidar pada 23 Juli 2019 melalui laman https://untidar.ac.id.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara