Siswa Mengenal Nusantara 2019 dari Jateng Susut

Suasana seleksi Siswa Mengenal Nusantara 2019. (Bisnis)
29 Juli 2019 11:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Program tahunan badan usaha milik negara (BUMN) Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 tak melibatkan keseluruhan kabupaten/kota di Jawa Tengah.

PT Angkasa Pura I (Persero) bersama PT Perkebunan Nusantara IX (Persero), PT Perkebunan Nusantara X (Persero), PT Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW), dan Dinas Pendidikan & Kebudayaan Jateng hanya memilih 20 siswa, padahal kabupaten/kota di Jateng ada 35. Tahun sebelumnya, 35 siswa dilibatkan dalam pertukaran pelajar antarprovinsi yang dibiayai koalisi BUMN itu.

Kegiatan rutin badan usaha milik negara (BUMN) itu merupakan salah satu rangkaian program BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) tahun 2019. Di Jawa Tengah (Jateng), acara itu diselenggarakan di All Stay Hotel, Semarang, Kamis-Jumat (17-18/7/2019). Sebanyak 49 siswa SMA/SMK berprestasi se-Provinsi Jateng dilibatkan dalam seleksi untuk memilih 20 siswa terpilih.

Sebanyak 20 siswa berprestasi telah dinyatakan lolos seleksi yang berasal berbagai SMA dan SMK di kabupaten/kota di Provinsi Jateng. Nantinya, ke-20 orang itu akan digabungkan dengan tiga siswa berkebutuhan khusus dari sekolah luar biasa (SLB) untuk ikut dalam program pertukaran pelajar tersebut sehingga total menjadi 23 siswa.

Untuk mengerucutkan jumlah hingga 20, para siswa yang ikut seleksi harus melalui berbagai tes tertulis di bidang pengetahuan umum serta wawancara tentang wawasan kebangsaan, potensi daerah, kebudayaan daerah dan kewirausahaan.

“Para siswa terbaik dari Provinsi Jateng akan diberangkatkan ke Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) untuk mengikuti kegiatan pertukaran pelajar selama tujuh hari dengan didampingi 2 guru teladan, dan seorang pendamping dari Dinas Pendidikan & Kebudayaan Provinsi Jateng,” ujar Corporate Communication Senior Manager Angkasa Pura I, Awaluddin.

Selama di Sulut para siswa akan mendapatkan berbagai pelajaran dan pelatihan yang diharapkan mampu menambah wawasan, menguatkan karakter diri, dan menumbuhkan rasa cinta terhadap bangsa. Adapun beberapa pelatihan yang akan diikuti oleh para siswa seperti pengenalan BUMN, pelatihan jurnalistik, pelatihan bela negara, hingga pengenalan budaya dan kesenian dari Provinsi Sulut.

Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) ditujukan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB. Tahun ini Angkasa Pura I mendapatkan kesempatan menjadi BUMN koordinator pelaksanaan kegiatan BHUN di Provinsi Jateng bersama dengan PTPN IX, PTPN X dan Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW) sebagai BUMN pendamping.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis/Media Digital