Bangun Terminal Rp60 M di Demak, Ini Harapan Menhub...

Menhub Budi Karya. (Bisnis/Rinaldi M. Azka)
29 Juli 2019 08:50 WIB Rinaldi Mohammad Azka Semarang Share :

Semarangpos.com, JAKARTA — Kementerian Perhubungan menggelontorkan investasi senilai Rp60 miliar untuk membangun terminal bus tipe A di Kabupaten Demak Jawa Tengah. Apa yang diharapkan Kemenhub dengan berinvestasi dengan nilai besar di jalur pantai utara (pantura) timur?

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengharapkan pembangunan terminal tipe A di Demak, Jateng itu selesai pada pertengahan 2020 sehingga dapat digunakan untuk mendukung arus mudik tahun depan. Menurutnya, saat ini, di daerah-daerah banyak yang belum memiliki terminal bus yang bagus, sehingga masyarakat pun tidak tertarik untuk menggunakan bus dan datang ke terminal.

"Jadi saya ingin sekali bus menjadi angkutan yang favorit, bus akan bagus apabila kelengkapannya terpenuhi seperti terminal yang bagus, lokasi terminal dekat kota dan sistemnya juga bagus. Untuk itu kita bangun terminal di kota Demak ini agar menjadi pemicu," katanya dalam keterangan yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di Jakarta, Minggu (28/7/2019).

Dengan keberadaan terminal itu, Budi Karya menginginkan masyarakat Demak dan sekitarnya lebih mudah dan memilih menggunakan transportasi umum. Terminal ini akan dibangun di lahan seluas 51.000 m2 yang telah disediakan oleh bupati Demak. "Kita ingin dengan adanya terminal ini akan memudahkan masyarakat dari maupun menuju kota Demak. Pemerintah Pusat ingin sekali daerah-daerah bisa maju, infrastruktur ini kami bangun untuk mereka," ujarnya.

Sesuai dengan implementasi UU No. 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah, telah dilakukan proses pengalihan personel, peralatan, pendanaan dan dokumen Terminal Penumpang Tipe A dari Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Pusat.

Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Darat tengah melakukan Revitalisasi Terminal Bus Tipe A yang ada di seluruh Indonesia. Hal tersebut merupakan bagian dari Program Aksi Perbaikan Prasarana Angkutan Massal Berbasis Jalan, sebagai upaya Kemenhub mereformasi pelayanan angkutan umum massal di Indonesia. Program tersebut bertujuan untuk memberikan wajah baru pelayanan Terminal Penumpang Bus Tipe A.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis