119 Calon Taruna Akpol Semarang Dipulangkan di Tahap Akhir

Para calon taruna Akpol Semarang tahun ajaran 2019 mengikuti pengumuman seleksi akhir di Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (28/7 - 2019). (Antara/Humas Polda Jateng)
29 Juli 2019 07:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Panitia Seleksi Calon Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang memulangkan 119 calon taruna pada seleksi akhir penerimaan tahun ajaran 2019. Pengumuman seleksi akhir itu dilakukan di Akpol Semarang, Minggu (28/7/2019).

Ketua Panitia Pusat Penerimaan Calon Taruna Akpol 2019 Irjen Pol. Eko Indra Heri di Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu, mengatakan seleksi akhir calon taruna kali ini ketat. "119 orang dipulangkan, kuota yang diterima hanya 250 orang," terangnya.

Menurut dia, pemulangan tahap akhir pada tahun ajaran ini lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. "Biasanya di tahap awal banyak yang gugur. Tahun ini ada sekitar 100 yang gugur di tahap akhir," katanya.

Ia mengatakan rata-rata nilai akhir para calon taruna tersebut cukup tinggi. Panitia pun diakuinya cukup kesulitan dalam melakukan seleksi karena selisih nilai yang terbilang sangat tipis. "Secara umum mereka masuk semua, tetapi karena kuota yang terbatas sehingga harus ada yang pulang," kata Asisten Bidang SDM Kapolri tersebut.

Selanjutnya, kata dia, para calon taruna yang dipulangkan ini masih berpeluang untuk menjadi polisi dengan mendaftar sebagai bintara.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara