Sekda Kudus Ikut-Ikutan Diperiksa Penyidik KPK

Sekretaris Daerah Kabupaten Kudus Sam'ani Intakoris seusai menjalani pemeriksaan oleh KPK di Mapolres Kudus, Senin (29/7 - 2019). (Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)
30 Juli 2019 11:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, KUDUS — Sekretaris Daerah Kabupaten Kudus Sam'ani Intakoris bersama beberapa pejabat di lingkungan pemerintah daerah setempat harus ikut-ikutan diperiksa tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyusul terungkapnya kasus dugaan jual beli jabatan oleh Bupati Muhammad Tamzil.

Sekda Kabupaten Kudus Sam'ani Intakoris diperiksa di Mapolres Kudus mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB, Senin (29/7/2019). Dalam pemeriksaan tersebut, dia mengaku mendapatkan sejumlah pertanyaan terkait dengan tugas pokok dan fungsi sekda.

Dia juga dimintai keterangan terkait fungsi dan kewenangan Sekda dalam pengisian jabatan tinggi pratama. "Sekda hanya sebatas mengusulkan tiga nama di masing-masing OPD, sedangkan keputusan ada di tangan Bupati Kudus," ujarnya sebagaimana dipublikasikan Kantor Berita Antara, Selasa (30/7/2019).

Meskipun demikian, pemeriksaan dirinya bersama pejabat lain memungkinkan dilakukan kembali. Pejabat lain yang ikut diperiksa tim penyidik KPK adalah Kabid Pengembangan dan Diklat Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Kudus Tulus Yatmika, Pelaksana Tugas Kepala Dinas PUPR Heru Subiyantoko, dan Kasubid Pengembangan Pegawai BKPP Kudus Hendro Muswinda.

Para pejabat tersebut diperiksa dengan kapasitas sebagai saksi. Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, KPK sendiri sudah menetapkan Bupati Kudus Muhammad Tamzil sebagai tersangka atas dugaan jual beli jabatan di Kabupaten Kudus beserta Staf Khusus Agus Suranto dan Sekretaris Dinas (Sekdin) DPPKAD Akhmad Sofyan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara