Calon Haji Semarang Berangkat Bertahap

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi disungkemi calon haji asal Kota Semarang, Selasa (30/7 - 2019). (Antara/Wisnu Adhi)
31 Juli 2019 05:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Jemaah calon haji asal Kota Semarang, Jawa Tengah yang berjumlah 1.932 orang mulai diberangkatkan ke Tanah Suci secara bertahap dengan terbagi dalam delapan kelompok terbang.

Pemberangkatan jemaah calon haji kloter pertama dilepas oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Gedung Islamic Center Semarang, Jawa Tengah, Selasa (30/7/2019). Sebanyak 125 calon haji yang masuk dalam kloter pertama atau kloter 83 selanjutnya akan menuju Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali untuk bergabung dengan calon haji lainnya sebelum diberangkatkan menuju Makkah, Arab Saudi.

Dalam kegiatan pelepasan tersebut Wali Kota Hendar secara simbolis menyerahkan slayer kepada masing-masing ketua rombongan yang diikuti oleh calon haji lainnya. Kepada jemaah calon haji, Hendrar Prihadi berpesan agar selalu menjaga kondisi fisik selama berada di Tanah Suci sehingga bisa lancar dan khusyuk selama menunaikan ibadah haji karena suhu di Tanah Suci lebih panas dibandingkan dengan Indonesia.

"Konsumsi vitamin dan minum air putih yang cukup guna menghindari dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh, apalagi cuacanya cukup ekstrem," katanya.

Hendi—sapan akrab Wali Kota Semarang—menjelaskan bahwa slayer yang dibagikan ke setiap calon haji asal Kota Semarang itu sebagai penanda karena berdasarkan pengalaman beberapa calon haji tahun lalu, mereka kesulitan mencari teman rombongannya karena hampir semua calon haji dari berbagai negara juga memakai baju putih yang sama.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Semarang Muh. Habib mengatakan pihaknya akan memberangkatkan 1.932 calon haji dari Kota Semarang yang terbagi dalam delapan kloter. "Kloter jamaah calon haji asal Kota Semarang itu mulai dari kloter nomor 83 sampai 89 dan 95," ujarnya.

Untuk kloter pertama, yakni Kloter 83 berangkat pada 30 Juli 2019, Kloter 84 sampai Kloter 87 akan diberangkatkan pada 31 Juli 2019, sedangkan Kloter 88 dan 89 berangkat pada 1 Agustus 2019 serta Kloter 95 pada 2 Agustus 2019. Para calon haji asal Kota Semarang terdiri atas berbagai profesi, yakni 610 pekerja swasta, 606 pegawai negeri sipil, 377 ibu rumah tangga, 26 pelajar dan mahasiswa.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara