MAKI Minta Kejaksan Legawa Kasus Dugaan Suap Jaksa Ditangani KPK

Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman. (Antara/I.C. Senjaya)
04 Agustus 2019 14:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) mendesak Kejaksaan Agung legawa menyerahkan kasus dugaan suap jaksa Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah dalam penanganan perkara kepabeanan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Serahkan kepada KPK yang sudah menangani perkara itu lebih dulu," kata Koordinator MAKI Boyamin Saiman ketika dihubungi di Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (2/8/2019).

Kasus dugaan tindak pidana korupsi diduga terjadi dalam penanganan perkara kepabeanan Komisaris PT Suryasemarang Sukses Jayatama, Surya Soedaema. Selain ditangani kejaksaan, kasus itu sebenarnya juga ditangani KPK.

Boyamin menduga ada agenda terselubung Kejaksaan Agung yang dengan cepat melakukan penyidikan dalam kasus tersebut. Ia memperkirakan kejaksaan ingin mengisolasi atau mengamankan pihak-pihak yang diduga terkait dalam perkara itu agar tidak ikut terjerat.

"Dari informasi yang saya terima, kasus itu berkaitan dengan dugaan pemerasan yang diduga dilakukan oknum pegawai Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah," katanya.

Ia menjelaskan jika dugaannya pemerasan, maka Surya Soedarma yang diduga diperas tidak akan dijerat sebagai pelaku pemberi sesuatu kepada petugas negara. "Meski niatnya bersih-bersih, tidak seharusnya Kejaksaan Agung menangani kasus pemerasan yang nilainya kecil itu," tambahnya.

Oleh karena itu, ia mendukung KPK untuk menangani dan membuka seluas-luasnya perkara itu.

Sebelumnya diberitakan, Kejaksaan Agung menyidik kasus dugaan korupsi dalam penanganan perkara kepabeanan yang menyangkut Komisaris PT Suryasemarang Sukses Jayatama, Surya Soedaema. KPK sendiri diduga juga menangani kasus tersebut yang merupakan pengembangan dari operasi tangkap tangan Aspidum Kejati DKI Jakarta.

Adapun perkara tindak pidana kepabeanan dengan terdakwa Surya Soedaema sendiri sudah diputus oleh Pengadilan Negeri Semarang. Surya yang dituntut hukuman satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun akhirnya dijatuhi putusan dua tahun penjara.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara