Sebagian Listrik di Jateng-DIY Padam, Ini Penyebabnya...

Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) andalan PLN dalam menanggulangi gangguan. (Antara/Humas PLN)
04 Agustus 2019 16:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Aliran listrik di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), serta sebagian Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng) mengalami pemadaman atau black out, Minggu (4/8/2019).

Pemadaman listrik itu disebabkan adanya gangguan pada transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) Ungaran dan Pemalang, Jateng, yang berkekuatan 500 kilovolt (kv). Gangguan itu pun membuat transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan dan diikuti seluruh trip pembangkit listrik di sisi tengah dan barat Jawa.

PLN pun menyatakan permintaan maaf atas gangguan pelayanan listrik itu. Pihaknya pun saat ini telah melakukan perbaikan agar pelayanan listrik seperti sedia kala.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi. Saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan," ujar Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka, dalam keterangan resminya, Minggu.

Selain itu, terjadinya gangguan pada transmisi SUTET 500 kv mengakibatkan padamnya sejumlah area Jabar. "Sekali lagi kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini. Kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal," imbuh Made.

Pengaturan penormalan dilakukan dari UP2B untuk meminimalisasi pemadaman.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya