Pohon Tinggi di Semarang Kambing Hitam Padamnya Listrik di Jawa

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo. (Bisnis/Sholahuddi Al Ayubbi)
06 Agustus 2019 18:50 WIB Sholahuddin Al Ayyubi Semarang Share :

Semarangpos.com, JAKARTA — Direktorat Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah menyatakan padamnya listrik di Pulau Jawa disebabkan adanya pohon yang terlalu tinggi di Tower Transmisi Desa Malon, Gunungpati, Kota Semarang Jawa Tengah.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo mengungkapkan bahwa tim penyidik Polda Jawa Tengah dan PT PLN telah berkoordinasi untuk memintai keterangan empat orang petugas PLN yang mengawasi dan mengendalikan tower tersebut. Menurut Dedi, setelah dimintai keterangan, petugas PLN tersebut menduga padamnya listrik di seluruh Pulau Jawa disebabkan oleh sejumlah pohon yang ketinggiannya melebihi right of way (ROW), hingga mengakibatkan flash atau lompatan listrik.

"Sementara ini, diduga kerusakan itu terjadi akibat adanya pohon yang ketinggiannya melebihi batas. Diduga karena faktor alam. Tidak ditemukan ada human error atau unsur sabotase terkait padamnya listrik itu," tuturnya, Senin (5/8/2019).

Dedi menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan temuan awal setelah polisi memintai keterangan petugas. Dia mengimbau agar masyarakat tetap menunggu hasil investigasi Polri dan pihak PLN secara menyeluruh.

"Hasil semuanya nanti masih menunggu dari tim investigasi tim pusat yang merupakan gabungan dari Bareskrim dan PT PLN yang sedang cek di lapangan," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis