KPU Jateng Tetapkan 120 Anggota DPRD Terpilih Akhir Pekan Ini

Anggota KPU Jateng, Putnawati. (Facebook.com)
07 Agustus 2019 20:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng) akan menetapkan anggota legislatif DPRD Jateng terpilih pada Pemilu 2019,  akhir pekan ini. Penetapan 120 anggota DPRD Jateng masa jabatan 2019-2024 itu rencana digelar, Sabtu (10/8/2019) nanti.

Hal itu disampaikan Anggota KPU Jateng, Putnawati, saat dijumpai Semarangpos.com di sela acara Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2019 di Hotel Patra, Kota Semarang, Rabu (7/8/2019).

“Sudah ada keputusan dari MK [Mahkamah Konstitusi]. Kebetulan Pemilu di Jateng tidak ada sengketa. Jadi sudah bisa diputuskan MK. Praktis, kita harus segera menetapkannya. Rapat pleno penetapan kita gelar 10 Agustus nanti,” ujar Putnawati.

Perempuan yang akrab disapa Puput itu mengatakan sesuai Peraturan KPU (PKPU) No.14/2019 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019, KPU wajib mengumumkan nama-nama anggota legislatif terpilih secepatnya begitu mendapat surat keputusan dari MK. Batas waktu yang ditetapkan, yakni 5 hari pasca-putusan MK.

 “Kalau mengikuti batas waktunya kan tanggal 12 Agustus. Tapi, kami percepat jadi tanggal 10 Agustus,” ujar Puput.

Puput menambahkan setelah melakukan penetapan, tugas KPU Jateng pada Pemilu 2019 telah berakhir. Selanjutnya, surat penetapan akan diserahkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng untuk menggelar pelantikan.

“Setelah penetapan, kewenangan KPU tinggal menyerahkan surat salinan penetapan ke Pemprov agar secepatnya dilakukan pelantikan,” ujar Puput.

Puput menambahkan setelah menyelesaikan tugas menggelar Pemilu 2019 di Jateng, pihaknya akan langsung fokus mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di 21 kabupaten/kota. Tahapan Pilkada 2020 saat ini masih dalam pembahasan KPU pusat dan baru akan diumumkan September mendatang.

“Sejauh ini kami sudah melakukan rapat koordinasi dengan KPU di 21 kabupaten/kota di Jateng yang akan menggelar Pilkada 2020 nanti. KPU daerah yang menggelar Pilkada 2020 juga sudah mengajukan dana penyelenggaraan kepada pemerintah setempat,” imbuh mantan Ketua KPU Kota Salatiga itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya