Hutan Gunung Sumbing Terbakar

Ilustrasi kebakaran hutan. (Antara/BPBD Kabupaten Wonosobo)
12 Agustus 2019 16:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, WONOSOBO – Kebakaran hutan dan lahan (karhulta) mulai merambah wilayah Jawa Tengah (Jateng). Kebakaran itu terjadi di kawasan hutan Gunung Sumbing, Kabupaten Wonosobo.

Kepala Seksi (Kasi) Kedauratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo, Sudarna, mengatakan kebakaran hutan di Gunung Sumbing terjadi sejak Minggu (11/8/2019) sore.

“Titik api kali pertama kita ketahui pada pukul 16.50 WIB. Tapi, tadi malam sudah bisa kita padamkan. Tadi pagi [Senin, 12 Agustus], muncul lagi titik api di kawasan hutan Gunung Sumbing. Ini sedang kami sisir untuk lakukan pemadaman,” ujar Sudarna saat dihubungi Semarangpos.com, Senin siang

Sudarna mengatakan saat ini ada sekitar 100 personel dari tim gabungan yang berasal dari BPBD Kabupaten Wonosobo, Perhutani Kedu Utara, Polres Wonosobo, Kodim Wonosobo dan sukarelawan Desa Banyumudal yang melakukan penyisiran agar api benar-benar padam.

Sudarna menyebutkan kawasan yang terbakar di hutan Gunung Sumbing, Minggu sore, berada pada petak 28 RPH Kleseman, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BPKH) Wonosobo, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kedu Utara di Desa Banyumudal, Kecamatan Sapuran.

“Kalau Senin tadi yang terbakar di petak 29-1. Ada tunggak kayu dan ilalang yang terbakar,” ujarnya.

Kebakaran di kawasan hutan Gunung Sumbing berpotensi meluas. Hal itu dikarenakan faktor angin yang cukup kencang di kawasan tersebut.

Kendati demikian, hingga saat ini belum diketahui luas hutan dan lahan yang terbakar. Jumlah kerugian juga belum bisa dipastikan karena masih dalam penangganan.

Disinggung penyebab kebakaran itu, Sudarna mengaku belum mengetahui. Apakah kebakaran itu disebabkan ulah manusia atau kekeringan, hal itu sepenuhnya diserahkan dalam penyelidikan aparat kepolisian.

 “Kalau penyebabnya kami belum tahu. Itu nanti kewenangan aparat kepolisian,” ujar Sudarna.

Kebakaran di hutan Gunung Sumbing bukanlah sesuatu yang baru. Pada tahun lalu, hutan di gunung yang terletak di Kabupaten Wonosobo, Temanggung, dan Magelang itu juga mengalami kebakaran. Kobaran api juga melanda kawasan hutan di gunung tersebut saat musim kemarau seperti saat ini.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya